@article{prosiding, author = {Winditiya Yuliana}, title = { PERUBAHAN KURIKULUM PEMBELAJARAN PASKA PANDEMI COVID 19 DI INDONESIA}, journal = {PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS}, volume = {1}, number = {1}, year = {2022}, keywords = {}, abstract = {Tujuan penulisan artikel ini adalah membahas terkait perubahan kurikulum i dunia pendidikan tentang pemerintah yang merencanakan perubahan kurikulum pada tahun 2022 menggantikan kurikulum 2013, sedangkan pada situasi sekarang pendidikan bahkan sektor yang lain pun masih belum stabil sejak terjadinya pandemi Covid-19. Metode analisis dalam penulisan artikel ini menggunakan studi kepustakaan yaitu data-data yang dituangkan ke dalam tulisan sebagian besar dari analisis dokumen. Peneliti menghimpun, menganalisis dan mengadakan sintesis data untuk kemudian memberikan interpretasi terhadap konsep, kebijakan, peristiwa baik secara langsung maupun tidak langsung yang dapat diamati sesuai dengan tujuan penulisan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan di Indonesia harus berjalan dengan semestinya yaitu dengan kurikulum baru supaya pendidikan kembali berjalan seperti semula dan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Kurikulum baru tersebut diberlakukan agar lulusan di Indonesia mempunyai jiwa yang adaptif dan transformatif terhadap perkembangan zaman. Kesimpulannya dari artikel ini bahwa perencanaan kurikulum baru diharapkan mampu mengembalikan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik dengan tetap mengembangkan potensi peserta didik yang berwawasan luas dan dapat membangun jiwa yang siap menghadapi tantangan di masa yang akan dating serta terciptanya pelajar profil Pancasila.}, pages = {82--90}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/2428} }