Upaya Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab dan Prestasi Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Time Token pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya di Kelas VA SD Negeri Karangkemiri

  • Nur Novtian Maya Anggriani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto Purwokerto Indonesia
  • Karma Iswasta Eka Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto Purwokerto Indonesia
  • Pratik Hari Yuwono Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto Purwokerto Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan karakter tanggung jawab dan prestasi belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token pada tema 6 (Panas dan Perpindahannya) di kelas VA SD Negeri Karangkemiri. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian berjumlah 32 siswa. Data yang dikumpulkan adalah karakter tanggung jawab dan prestasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token dapat meningkatkan karakter tanggung jawab peserta didik dilihat dari perolehan presentase klasikal siklus I yaitu 68% dengan kriteria baik dan mengalami peningkatan menjadi 80% di siklus II dengan kriteria sangat baik. Kedua, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dilihat dari perolehan rata-rata nilai siklus I yaitu 71 dengan ketuntasan belajar 72% dan meningkat menjadi 80 dengan ketuntasan belajar 90% pada siklus II sehingga indikator keberhasilan penelitian tercapai.

References

Alwan, Menza & Darmaji. 2017. Faktor-faktor yang Mendorong Siswa MIA SMAN Mengikuti Bimbingan Belajar Luar Sekolah di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Jurnal EduFisika, Vol 02 No 01, hal 25-37.

Aqib, Z. 2018. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Hasanah, H. 2016. Teknik-teknik Observasi Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial. Jurnal at-Taqaddum, Vol 8 No 1, hal 21-46.

Huda, M. 2017. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ningzaswati, D.R., Marhaeni, & I Wayan S. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Time Token terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Vol 5, hal 1-12.

Nurjanah & Noni. 2015. Analisis Butir Soal Pilihan Ganda dari Aspek Kebahasaan. Faktor Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol II No 1, hal 69-78.

Rurua, Andi, & Samsurizal. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Time Token terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa tentang Biologi Sel pada Program Satuan Pendidikan Biologi di Universitas Sintuwu Maroso Poso. E-Journal Mitra Sains, Vol 5 No 2, hal 67-74.

Shoimin, A. 2018. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susilowati, D. 2018. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Edunomika, Vol 02 No 01, hal 36-46.

Syafi’i, Tri, & Siti. 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol 2 No 2, hal 115-123.
Published
2020-12-31
How to Cite
MAYA ANGGRIANI, Nur Novtian; EKA, Karma Iswasta; YUWONO, Pratik Hari. Upaya Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab dan Prestasi Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Time Token pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya di Kelas VA SD Negeri Karangkemiri. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 550 - 565, dec. 2020. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/876>. Date accessed: 03 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.876.
Section
Articles