Upaya Meningkatkan Komunikasi Efektif dan Percaya Diri Peserta Didik Menggunakan Strategi Learning Start With A Question di Kelas IV SD Negeri 2 Pabuwaran
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di latar belakangi rendahnya komunikasi efektif dan rendahnya sikap percaya diri peserta didik. Rendahnya komunikasi efektif peserta didik didapat dilihat pada saat guru bertanya kepada peserta didik tetapi pesrta didik tidak dapat menyampaikan pendapatnya menggunakan bahasa yang sopan, jelas dan lancar. Percaya diri yang dimiliki peserta didik juga cenderung masih kurang. Hal tersebut dapat dilihat pada saat kegiatan presentasi dilaksanakan, peserta didik tidak berani untuk menyampaikan pendapatnya, peserta didik masih malu-malu dan ragu terhadap jawabannya sehingga peserta didik cenderung diam. Subjek Penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Neegeri 2 Pabuwaran berjumlah 33 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes evaluas, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar observasi penilaian komunikasi efektif, lembar observasi sikap percaya diri peserta didik, dan lembar angket percaya diri peserta didik. Hasil penilaian komunikasi efektif pada siklus I memeproleh rata-rata 46,5% dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata sebesar 78% dengan kriteria baik. Adapun hasil observasi sikap percaya diri peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 2,2 dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 3,1 dengan kriteria baik. Peningkatan ini didukung dengan hasilĀ hasil angket sikap percaya diri peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 3,22 dengan kriteria baik, sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 3,30 dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi learning start with a question pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku mampu meningkatkan komunikasi efektif dan sikap percaya diri peserta didik di SD Negeri 2 Pabuwaran.
References
Arikunto, S. 2018. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta; Bumi Aksara
Deed, C. (2016). Strategi Questions : A Means Of Building Metacognitve Language. Internationl Journal Of Teaching And Learning In Higher Education. 20 (3) :48.
Elfiky. 2015. Terapi Berpikir Positif. Jakarta : PT Nusantara Lestari Ceria Pratama
Jamilah, P. Mulyaningsih, N., & Bhakti,Y. 2020. The Effect of Learning Start Learning Strategy With A Question (LSQ) on the Mastery of Physics Concepts. Bulletin of Educational Science and Technology. 1 (1) : 20-26
Kurniawan, A. 2018. Peningkatan Keaktifan Bertanya Siswa Melalui Strategi Learning Start With a Question Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SDN No 80/I Muara Bulian. Jurnal Pendidikan.6 (2) 55-65.
Meldina, T. 2019. Implementasi Model Learning Start With a Question Strategi Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 6 (2) : 211-220
Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mustari, M. 2014. Nilai Karakter : Refleksi Untuk Pendidikan. Depok : PT. Rajagrafindo Persada
Noviyanti, M. (2011). Pengaruh Motivasi dan Keterampilan Berkomunikasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Tutorial Online Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan. Jurnal Pendidikan. 12 (2) : 35-45.
Wiranta, W. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Strategi Learning Start With a Question pada Peserta Didik Kelas IV SD Muhammadiyah Selat Kuala Kapuas. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2 (1) : 31-40
Zubaidah, S. 2016. Keterampilan Abad-21 : Keterampilan yang di ajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. 10 Desember.