UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN BANTUAN KALKULATOR DI KELAS IV SD UMP

  • Suci Kusumawardani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto Indonesia
  • Sony Irianto Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto Indonesia
  • Yudha Febrianta Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika materi keliling dan luas bangun datar menggunakan model pembelajaran langsung dengan bantuan kalkulator. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas IV SD UMP sebanyak 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran langsung dengan bantuan kalkulator meningkat pada setiap siklusnya, dapat dilihat pada siklus I perolehan  rata-rata nilai sebesar 70,86 dengan  presentase  ketuntasan belajar 72,41% dan pada siklus II nilai rata-rata naik menjadi 79,82 dengan presentase ketuntasan belajar 87 ,92%. Hasil belajar afektif pada siklus I rata-rata nilai sebesar 1,93% dan pada siklus II meningkat sebesar 3,40%. Hasil belajar psikomotor dari siklus I sebesar 2,35%, siklus II sebesar 3,43% sehingga indikator keberhasilan penelitian tercapai.

References

Amrulloh, Sukamto, & Hadi. (2019). Penerapan Model Problem Solving Berbantu Media Kalkulator Ajaib untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Operasi Hitung. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2, 1, 101-108

Dedy, J.P (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Pembelajaran Langsung. Matematics paedagogic. 1, 1, 83-90

Hutauruk & Simbolin. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN No 14 Simbolon Purba. School Education Journal, 8, 2, 1-9

Khairani & Ismah. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Diintegrasikan Dengan Kartu Tangram Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Universitas Muhammadiyah Jakarta. 2, 1, 9-22

Mutaqin, Yamtinah & Utomo (2018). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Intruction) disertai Diskusi dan Media Hypercham untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar pada Materi Ikatan Kimia Kelas X 1 SMA Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kimia, 7,1, 1-7

Rosmi, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 003 Pulau Jambu. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau. 1, 2, 161-167

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group

Trianto. (2014). Mendisain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media Group

Wilanda A Riska. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Belajar pada Tema Peristiwa Di Sekolah Dasar. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya. 2, 3, 1-10

Yamin & Monawati. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Study Pada Penjumlahan Pecahan Di Kelas IV SDN Lamsyen. Jurnal Pesona Dasar. 3, 4, 1-10
Published
2020-12-31
How to Cite
KUSUMAWARDANI, Suci; IRIANTO, Sony; FEBRIANTA, Yudha. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN BANTUAN KALKULATOR DI KELAS IV SD UMP. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 524 - 537, dec. 2020. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/873>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.873.
Section
Articles