BIMBINGAN DAN KONSELING MULTIKULTURAL DI LEMBAGA PENDIDIKAN PESANTREN PADA GENERASI Z

  • Heti Aisah Pengawas Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Bandung
  • Uus Ruswandi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat

Abstract

Kajian ini dilatarbelakangi beberapa kasus santri baru, diantaranya  santri mengalami sakit fisik, ketika di rumah sakitnya sembuh. Santri kembali ke pesantren  tidak lama kemudian sakit lagi, dan kejadiannya berulang selama satu semester. Kasus yang lebih ekstrim, ketika santri sakit, santri tidak mau pulang lagi ke pesantren. Kasus-kasus ini mengindikasikan kurang maksimalnya konselor di lembaga pendidikan pesantren, dalam membantu penyelesaian masalah yang dialami santri baru. Tujun dari kajian ini, memberikan alternatif solusi bagi konselor di lembaga pendidikan pesantren, dalam penyelesaian permasalahan santri baru, melalui pendekatan konseling multikultural. Pendekatan ini lebih humanis, karena menghargai kultur dari para santri, yang berasal dari berbagai daerah dengan kultur yang berbeda satu sama lain. Jika dilihat dari kategori generasi, saat ini santri baru masuk ke dalam generasi Z. Generasi ini memiliki karakteristik figital, dimana antara realita dan virtual tidak ada pembatas.  Penanganan konflik bagi generasi Z perlu sentuhan-sentuhan yang menghargai kulturnya.

References

Buku:
Geldard, David. Kathryn. (1998). Basic Personal Counseling. Australia: Prentice Hall.

Geldard, David. Kathryn (2011). Keterampilan Praktek Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indonesia, Republik, Peraturan Mentri Agama No. 18 tahun 2014, tentang Satuan Pendidikan Muadalah pada Pondok Pesantren

McLeod, John. (2006). Pengantar Konseling Teori dan Studi Kasus. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Jurnal:

Muchasan, Ali. (2018). Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren Inovatif Vol 4 No.1 Pebruari.
https://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&as_vis=1&q=ali+muchasan+&btnG= 14 April 2020

Nuzliah. (2016). Counseling Multikulturl. Jurnal Edukasi. Vol 2 No. 2 Julihttps://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/viewFile/816/633 6 April 2020.

Purnama, Sigit. (2018). Pengasuhan Digital untuk Anak Generasi Alpha. AlHikmah Prcoc Islamic Ear Child Educ. Vol 1 April

Putra, Yanuar. Surya. (2016). Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti. Vol9 No. 18

Stillman, David. Jonah. (2018). Generasi Z. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Website:

https://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&as_vis=1&q=purnama+sigit&btnG=26 Mei 2020

https://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&as_vis=1&q=putra+yanuarsurya&btnG=16 Mei 2020
Published
2020-12-31
How to Cite
AISAH, Heti; RUSWANDI, Uus. BIMBINGAN DAN KONSELING MULTIKULTURAL DI LEMBAGA PENDIDIKAN PESANTREN PADA GENERASI Z. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 511 - 523, dec. 2020. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/869>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.869.
Section
Articles