Pengembangan Media Buku Digital Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A TK Al-Azhhariyyah Sekargeneng Lamongan

  • Norma Diana Fitri STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya
  • Nur Syafiqoh STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya

Abstract

Proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak masih sangat bersifat konvensional, hal ini ditunjukkan pada kegiatan belajar mengajar di TK Al Azhhariyyah  Lamongan  yang  belum  dapat  menyediakan  media  pembelajaran yang mampu  menghadirkan  objek  atau peristiwa  yang sulit  dihadirkan  dalam bentuk  aslinya,  atau  menghadirkan  kembali  objek  atau  peristiwa  yang  telah terjadi, misalnya melaui media VCD, TV, atau Laptop.


Tujuan dilakukan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik kelompok A di TK Al Azhhariyyah Sekargeneng Lamongan melalui pemanfaatan media pembelajaran flipbook. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development/RD), merupakan suatu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk.


Hasil penelitian diperoleh rata-rata 64,6 pada saat pre test dan kemudian meningkat menjadi 72,3 (post test). Hal tersebut juga ditunjukkan oleh nilai rerata harga thitung sebesar - 8.5935 dengan nilai signifikan 0,000. Dimana nilai signifikan thitunglebih kecil dari 0.05.


Dapat disimpulkan hipotesa diterima, yakni, produk pengembangan media flipbook dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok A TK Al Azhhariyyah Sekargeneng Lamongan, yang dapat dilihat dari hasil tingkat pencapaian pre test ke post test ada peningkatan.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka

Cipta


Aizid, Rizem, 2011. Tips Ampuh Menyiapkan Anak Gemar Baca Sejak Dalam

KandunganSampai Masa Pengasuhan. Jogjakarta: Diva Press


Haditono, Siti Rahayu. 2004. Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai

Bagiannya. Yogyakarta: UGM


Hurlock, Elizabeth, B. 1995. Psikhologi Perkembangan Suatu PendekatanSepanjang Rentang

Kehidupan. Jakarta: Erlangga


Musfiroh, Tadkiroatun . 2008, Cerita Untuk Anak Usia Dini, Yogjakarta : Tiara Wacana


Mustakim. Muh. Nur. 2005. Peranan Cerita Dalam Pembentukan Perkembangan Anak TK.

Yogyakarta: Tiara Wacana


Moeslichatoen R, 2004, Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak, Jakarta : PT Rineka

Cipta


Megawangi, Ratna dkk. 2005. Pendidikan Yang Patut dan Menyenangkan.Jakarta : Indonesia

Heritage Foundation.


Rachmawati Yeni, 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Siswa. Jakarta : Prenada

Media Group


Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV. Sunarto dan Hartono. 2002. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Published
2020-12-31
How to Cite
FITRI, Norma Diana; SYAFIQOH, Nur. Pengembangan Media Buku Digital Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A TK Al-Azhhariyyah Sekargeneng Lamongan. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 471 - 485, dec. 2020. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/850>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.850.
Section
Articles