Pengembangan Media Buku Digital Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A TK Al-Azhhariyyah Sekargeneng Lamongan
Abstract
Proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak masih sangat bersifat konvensional, hal ini ditunjukkan pada kegiatan belajar mengajar di TK Al Azhhariyyah Lamongan yang belum dapat menyediakan media pembelajaran yang mampu menghadirkan objek atau peristiwa yang sulit dihadirkan dalam bentuk aslinya, atau menghadirkan kembali objek atau peristiwa yang telah terjadi, misalnya melaui media VCD, TV, atau Laptop.
Tujuan dilakukan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik kelompok A di TK Al Azhhariyyah Sekargeneng Lamongan melalui pemanfaatan media pembelajaran flipbook. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development/RD), merupakan suatu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk.
Hasil penelitian diperoleh rata-rata 64,6 pada saat pre test dan kemudian meningkat menjadi 72,3 (post test). Hal tersebut juga ditunjukkan oleh nilai rerata harga thitung sebesar - 8.5935 dengan nilai signifikan 0,000. Dimana nilai signifikan thitunglebih kecil dari 0.05.
Dapat disimpulkan hipotesa diterima, yakni, produk pengembangan media flipbook dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok A TK Al Azhhariyyah Sekargeneng Lamongan, yang dapat dilihat dari hasil tingkat pencapaian pre test ke post test ada peningkatan.
References
Cipta
Aizid, Rizem, 2011. Tips Ampuh Menyiapkan Anak Gemar Baca Sejak Dalam
KandunganSampai Masa Pengasuhan. Jogjakarta: Diva Press
Haditono, Siti Rahayu. 2004. Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai
Bagiannya. Yogyakarta: UGM
Hurlock, Elizabeth, B. 1995. Psikhologi Perkembangan Suatu PendekatanSepanjang Rentang
Kehidupan. Jakarta: Erlangga
Musfiroh, Tadkiroatun . 2008, Cerita Untuk Anak Usia Dini, Yogjakarta : Tiara Wacana
Mustakim. Muh. Nur. 2005. Peranan Cerita Dalam Pembentukan Perkembangan Anak TK.
Yogyakarta: Tiara Wacana
Moeslichatoen R, 2004, Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak, Jakarta : PT Rineka
Cipta
Megawangi, Ratna dkk. 2005. Pendidikan Yang Patut dan Menyenangkan.Jakarta : Indonesia
Heritage Foundation.
Rachmawati Yeni, 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Siswa. Jakarta : Prenada
Media Group
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV. Sunarto dan Hartono. 2002. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group