DAMPAK SISTEM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM) DARING AKIBAT COVID-19 TERHADAP SISWA

  • Gurita Arum Sari SMK Negeri 1 Panji Situbondo

Abstract

Sehubungan dengan pandemi covid-19, Menteri pendidikan menerbitkan surat edaran (SE) No. 3 tahun 2020 mengenai pencegahan penyebaran dan penularan covid-19 di instansi pendidikan menyatakan bahwa sekolah dan perguruan tinggi diliburkan. Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilaksanalan di rumah secara daring. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui dampak sistem kegiatan belajar mengajar (KBM) daring akibat Covid-19 terhadap siswa. Beberapa dampak positif KBM daring bagi siswa antara lain siswa dapat menambah nilai kemandirian dan pendewasaan individu, meningkatnya kemandirian siswa, siswa hidup bersih dan sehat, siswa sering dan senang membantu orangtua dan mempunyai keterampilan lebih untuk belajar keterampilan hidup misalnya memasak, cuci baju, dan lain sebagainya. Dampak negatif bagi para siswa antara lain materi yang diperoleh siswa hanya sedikit, sebagian besar siswa tidak memahami mata pelajaran yang disampaikan melalui daring, pendidikan karakter siswa selama masa pandemi sedikit terabaikan, kurang efektif bagi para siswa, dan partisipasi siswa pada saat pembelajaran online berkurang

References

Aji, Rizqon H,S, 2020. Dampak covid-19 pada pendidikan di indonesia

sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Journal Sosial dan Budaya Syari. Vol.7 (5): 395-402.


Ashari, M. 2020. Proses pembelajaran daring di tengah antisipasi penyebaran virus corona dinilai belum maksimal. https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01353818/proses-pembejalaran-daring-di-tengah-antisipasi-penyebaran-virus-corona-dinilai-belum-maksimal

Dalyono, B., dan Lestariningsih, E. D.2016. Implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa Sosial dan Humaniora. Vol.3 (2): 33-42.

Dewi, Wahyu F.D. 2020. Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Journal Ilmu Pendidikan. Vol.2 (1): 55-61.

Fadli, Ari. 2020. Mengenal covid=19 dan cegah penyebarannya dengan “peduli lindungi” aplikasi berbasis android. Purwokerto: Teknik Elektro Unsoed.

Handayani, D., D. R. Hadi., F. Isbani-ah., E. Burhan., & H. Agustin. 2020. Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respiratori Indo.Volume 40 (2): 119-129.


Kementerian Kesehatan, 2020. Kesiapan Kemenkes dalam Menghadapi Outbreak Novel Coronavirus. Simposium Papdi 29 Januari 2020.


Kementerian Pendidikan dan Ke-budayaan. 2020. Surat edaran (SE) Mendikbud No.3 tahun 2020 tentang pencegahan covid-19 pada satuan pendidikan.


Kementerian Pendidikan dan Ke-budayaan. 2020. Surat edaran (SE) Mendikbud No.4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat

Nakayama, M dan Yamamoto, H. 2007

The impact of learner characteristics on learning performance in hybrid courses

among japanesestudents. Elektronic Journal E-learnin. Vol.5(3)

Pratiwi, Erica, W. 2020. Dampak covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran online disebuah perguruan tinggi kristen satya

wacana. Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol.34(1):1-8.

Rosali, Ely. 2020. Aktifitas pembela-jaran daring pada masa pandemi covid-19 di jurusan pendidikan geografi universitas siliwangi tasikmalaya. Geography Science Education Journal. Vol.1(1):21-30.

Supranoto, H. 2015. Implementasi pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran SMA. Jurnal Promosi. Vol.3(1): 36-49.

Susilo, A., G.M. Rumende., G.W.

Pitoyo., W. D. Santoso. 2020.

Coronavirus disease 2019: Tinjauan literatur terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia. Vol.7 (1): 45-67.

Syarbini, A. 2014. Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga.Jakarta. PT. Elex Media Komputindo.


The Conversation. 2020. Riset dam-pak Covid-19: Potret Gap Akses Online “Belajar dari Rumah” dari 4 Provinsi. https://theconversation.com/riset-dampak-covid-19-potret-gap-akses-online-belajar-dari-rumah-dari-4-provinsi-136534

Unissula. 2020. Dampak Pembelaja-ran Daring Di Masa Pandemi

Bagi Pendidikan Karak-ter.http://unissula.ac.id/c24-berita-unissula/dampak-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-bagi-pendidikan-karakter/


Waryanto, N. H. 2006. Online Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan. Volume 2(1): 10–23.

Yurianto, Ahmad, Bambang Wibowo,

K. P. 2020. Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19) (M. I. Listiana Azizah, Adistikah Aqmarina (ed.)

WHO. 2020. Transmisi SARS-CoV-2 Implikasi Untuk Kewaspadaan Pencegahan infeksi: Pernyataan keilmuan.

Wicaksono, S. R. 2012. Kajian Pembelajaran Online Berbasis Wiki Di Lingkup Perguruan Tinggi. Journal of Education and Learning (EduLearn)
Volume 6(1): 51.
Published
2020-12-31
How to Cite
SARI, Gurita Arum. DAMPAK SISTEM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM) DARING AKIBAT COVID-19 TERHADAP SISWA. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 462 - 470, dec. 2020. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/848>. Date accessed: 05 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.848.
Section
Articles