GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM FUNGSI PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DARI RUMAH

  • Gurita Arum Sari SMK Negeri 1 Panji Situbondo

Abstract

Masa pandemi Covid-19 saat ini memaksa untuk melakukan physical distancing (menjaga jarak fisik) berguna untuk meminimalkan persebaran Covid-19. Mencegahan meluasnya virus menjadi prioritas utama bagi Indonesia. Berbagai kegiatan yang mengandung kegiatan berkerumun, keramaian, dan interaksi secara langsung sangat tidak disarankan. Menteri Pendidikan dan kebudayaan RI merespon dengan kebijakan belajar dari rumah, melalui kegiatan pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan fungsi guru Bimbingan Konseling dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran jarak jauh dari rumah. Interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran sangatlah penting. Dengan adanya proses pembelajaran daring sesuai intruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, guru harus benar-benar memperhatikan kegiatan belajar siswa yang dilakukan secara online. Peranan guru Bimbingan konseling, secara fungsi terdiri dari 6 (enam) fungsi diantaranya; pemahaman, preventif, pengembangan, penyembuhan, penyaluran, adaptasi, dan penyesuaian. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif, menjelaskan data atau hasil dari suatu lembaga ke lembaga lainnya. Adapun metode yang digunakan  adalah  metode  literatur. Metode literatur yaitu hasil tulisan seseorang dari artikel dan mencoba membedakan hasil dari artikel ini.

References

Abu Ahmadi, Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah, hal, 6

Danim,S..2011.Perkembangan Peserta Didik. Alfabeta. Bandung.

Dewa Ketut Sukardi, Proses Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah , (Jakarta: PT Rineka Cipta,1995). Hal. 8-9.

Dewa Ketut Sukardi, Proses Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008), 6

Direktorat Pembinaan SMA Kemdikbud. 2017. Panduan Penguatan peran Guru BK dalam Implementasi Kurikulum 2013.

Koswara,E.1991. Teori-teori Kepribadian. Penerbit PT. Eresco. Bandung

Kemdikbud Drektorat Guru dan Tenaga Kependidikan. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan BK SMA.

Nursalim, M. 2015. Pengembangan Profesi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Erlangga.

Poerwodarminto, Kamus Bahasa Indonesia, 377

Rambu-rambu penyelenggaraan bimbingan dan konseling dalam jalur pendidikan formal 2007, 8

W.S Winkel, Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan, (Jakarta: PT. Grasindo, 1991), 495
https://www.kompasiana.com/rudimulyatiningsih/551c095c8133113c209de0ce/konseling-melalui-dunia-maya-cyber-counseling

https://siskasrimulia.weebly.com/fungsi-bimbingan-konseling.html#:~:text=fungsi%20bimbingan%20konseling%20%2D%20LAYANAN%20BIMBINGAN%20DAN%20KONSELING&text=Pelayanan%20Bimbingan%20dan%20konseling%20mengemban,%2C%20dan%20(9)%20advokasi.

https://ayobandung.com/read/2020/07/17/107673/peran-dan-tantangan-yang-diemban-guru-bk-saat-pandemi

http://id.wikipedia.org/wiki/konselor
Published
2020-12-31
How to Cite
SARI, Gurita Arum. GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM FUNGSI PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DARI RUMAH. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 452 - 461, dec. 2020. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/847>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.847.
Section
Articles