EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH WABAH PANDEMI COVID-19 DI UNIVERSIRTAS ABDURACHMAN SALEH SITUBONDO

  • Winditiya Yuliana FKIP, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Pembelajaran secara daring adalah salah satu jalan alternatif yang dapat dialakukan ditengah pandemic Covid-19 khususnya yang di Kabupaten Situbondo. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran efektifitas pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring di Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Abdurachman Saleh Situbondo sebagai upaya menekan penyebaran covid-19 di Situbondo. Subjek penelitian pada makalah ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Data dikumpulkan dengan cara wawancara melalui google meet. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) mahasiswa memiliki fasilitas dasar yang dibutuhkan untuk mengikuti kegiatan pembelajaran daring; (2) pembelajaran daring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong kemandirian belajar dan motivasi untuk lebih aktif dalam belajar; dan (3) pembelajaran daring mendorong munculnya perilaku social distancing dan meminimalisir munculnya keramaian mahasiswa  sehingga dianggap dapat mengurangi potensi penyebaran Covid-19 di Situbondo.

References

Asif, A. R., & Rahmadi, F. A. (2017). Hubungan tingkat kecanduan gadget dengan gangguan emosi dan perilaku remaja usia 11-12 tahun (Doctoral dissertation, Faculty of Medicine).
Astuti, P., & Febrian, F. (2019). Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa. Jurnal Gantang, 4(2), 111-119. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1560
Bell, D., Nicoll, A., Fukuda, K., Horby, P., Monto, A., Hayden, F., ... Van Tam, J. (2006). Nonpharmaceutical interventions for pandemic influenza, national and community measures Emerging Infectious Diseases. https://doi.org/10.3201/eid1201.051371
Bell, S., Douce, C., Caeiro, S., Teixeira, A., Martin-Aranda, R., & Otto, D. (2017). Sustainability and distance learning: a diverse European experience? Open Learning, 32(2), 95-102. https://doi.org/10.1080/02680513.2017.1319638
Chan, N. N., Walker, C., & Gleaves, A. (2015). An exploration of students’ lived experiences of using smartphones in diverse learning contexts using a hermeneutic phenomenological approach. Computers and Education. https://doi.org/10.1016Zj.compedu.2014.11.001
Darmalaksana, W. (2020). WhatsApp Kuliah Mobile . Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Enriquez, M. A. S. (2014). Students ’ Perceptions on the Effectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. DLSU Research Congress. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.
He, W., Xu, G., & Kruck, S. (2014). Online IS Education for the 21st Century . Journal of Information Systems Education.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.
Iftakhar, S. (2016). GOOGLE CLASSROOM: WHAT WORKS AND HOW? Journal of Education and Social Sciences.
Kim, Y., Wang, Y., & Oh, J. (2016). Digital Media Use and Social Engagement: How Social Media and Smartphone Use Influence Social Activities of College Students. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking. https://doi.org/10.1089/cyber.2015.0408
Published
2020-12-31
How to Cite
YULIANA, Winditiya. EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH WABAH PANDEMI COVID-19 DI UNIVERSIRTAS ABDURACHMAN SALEH SITUBONDO. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 417 - 428, dec. 2020. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/844>. Date accessed: 17 may 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.844.
Section
Articles