PROFESIONALISME DOSEN DALAM MENERAPKAN PERMAINAN TRADISIONAL PAPAN DAKON (BUKO ENGLISH) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai profesionalisme dosen khususnya dalam menerapkan media pembelajaran berupa permainan tradisional dakon “Buko English” untuk keterampilan berbicara bahasa Inggris pada siswa semester 2 Prodi Pendidikan guru Sekolah Dasar dengan materi descriptive text. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan dengan tiga tahap, yaitu 1) Menentukan masalah penelitian, 2) Mengumpulkan data, 3) Analisis dan penyajian data. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif fenomenologis untuk menjelaskan profesionalisme dosen dalam merancang perencanaan pembelajaran, profesionalisme dosen dalam melaksanakan pembelajaran dan profesionalisme dosen dalam melakukan evaluasi hasil belajar dengan menggunakan permainan tradisional papan dakon sebagai media pembelajaran untuk keterampilan berbicara bahasa inggris. Subyek penelitian sebanyak 20 mahasiswa. Hasil penelitian ini adalah cara penerapan permainan tradisional papan dakon sebagai media pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Inggris. Ukuran Tahap Kesiapan Teknologi (TKT) yang diusulkan adalah pada level 2 dengan indikator kinerja dari masing-masing metode/proses nilai tambah yang akan dikembangkan telah menunjukkan hasil yang baik.
References
Faisal, Sanapiah. 1990. Penelitian Kualitatif (dasar-dasar dan aplikasi). Malang: Ya3 Malang.
Gunawan, I. 2016. Pasaran: Menggali Nilainilai Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Sifat-sifat Kepemimpinan Pendidikan. Jurnal Studi Sosial, 8(1), 55-64.
Kurnia, DM. 2014. Integrating Traditional Games into the EYL Classroom. TEFLIN (Teaching English as a Foreign Language in Indonesia) International Proceeding, 516 -518
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Toha, Mohammad. 2017. Pengembangan model permainan tradisional geprek Kempung dan gobag sodor untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1, 60 -68.
Slavin, R.E. Cooperative Learning: Theory, research, and practice (2nd edition). Boston: allyb & bacon.1995