PENGEMBANGAN BIG BOOK UNTUK PENGAJAR BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH TERPENCIL

  • Nine Febrie Novitasari Universitas Abdurachman Saleh
  • David Nurfiqih SMP Negeri 1 Asembagus

Abstract

Bahasa Inggris sudah mulai diperkenalkan di tingkatan sekolah dasar walaupun posisinya hanya sebagai mata pelajaran muatan lokal. Hal ini dikarenakan sekolah-sekolah di daerah terpencil tidak memiliki guru yang dapat mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris. Namun di banyak sekolah terpencil, sering ditemukan masalah seperti tidak adanya pengajar Bahasa Inggris terlatih dan media ajar yang mendukung. Masalah-masalah ini juga ditemukan di SD Negeri 6 Tambak Ukir Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo. Pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah tidak maksimal karena tidak adanya media ajar Bahasa Inggris. Solusi untuk menjawab permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan media ajar big book. Tampilan big book yang penuh warna dan menarik membuat siswa lebih tertarik untuk belajar. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan big book sebagai media ajar alternatif yang dapat dipakai untuk mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri 6 Tambak Ukir. Model penelitian dan pengembangan (research and development) yang dipakai diadaptasi dari model Gall dkk (2003). Ada empat tahap dalam proses pengembangan ini yaitu analisis masalah, pengembangan produk, uji coba produk, dan revisi produk. Hasil akhir dari pengembangan ini adalah poduk pendidikan, yaitu sepuluh big book dengan beberapa jenis tema dilengkapi dengan petunjuk penggunaan. Instrumen yang dipakai dari tahap awal ampai akhir adalah kuesioner, petunjuk evaluasi media ajar, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah satu set big book dengan tema: numbers, letters, body parts, farm animals, colors, greetings and leave-takings, family members, occupations, playground, dan narrative. Setelah melalui tahap validasi dan uji coba, big book ini terbukti valid, efektif, dan praktis.

References

Afifah, R. (2012, October 25). Bahasa Inggris Bisa Masuk Muatan Lokal atau Ekskul. Jakarta Pusat. Retrieved from https://edukasi.kompas.com/read/2012/10/25/17475384/bahasa.inggris.bisa.masuk.muatan.lokal.atau.ekskul
Copland, F., Garton, S., & Burns, A. (2014). Challenges in Teaching English to Young Learners: Global Perspectives and Local Realities. TESOL Quarterly, 48(4), 738–762. http://doi.org/10.1002/tesq.148
Fahmi, D. I., Suhartono, L., Arifin, Z., & Program, E. E. (2015). Improving students’ reading comprehension using big book. Tanjungpura University, 4(1), 1–11. Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/search/search?simpleQuery=dita+indah+fahmi&searchField=authors
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research: An Introduction (8th ed.). Boston: Pearson/Allyn & Bacon.
Hartin. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris di Skeolah Dasar. Shautut Tarbiyah, 22(36), 1–18. http://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/str.v23i1.578
Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: PENA Salsabila.
Honchell, B., & Schulz, M. (2012). Engaging Young Readers with Text through Shared Reading Experiences, 4(3), 59–67.
Indrasari, A., Novita, D., & Megawati, F. (2018). Big Book: Attractive Media for Teaching Vocabulary to Lower Class of Young Learners. JEES (Journal of English Educators Society), 3(2), 141. http://doi.org/10.21070/jees.v3i2.1572
Mahayanti, N. W. S., & Asrina, N. K. A. (2017). The Implementation of Big Book as Media to Teach Reading Comprehension for the Sixth Grade Students of Elementary School. In 2nd International Conference on Innovative Research Across Disciplines (ICIRAD 2017) (Vol. 134, pp. 184–188). Atlantis Press. http://doi.org/10.2991/icirad-17.2017.35
Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar : Jurnal Pendidika Unsika, 6(1), 23–28. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/1203
Moon, J. (2005). Teaching English to young learners: the challenges and the benefits, (October), 30–34. Retrieved from http://ventana.fl.unc.edu.ar/files/Material-British-Council.pdf
Nambiar, M. K. (1991). Big Books for Little Readers: Works in the ESL Classroom Too. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=ED333736
Singleton, D. (2003) Critical Period or General Age Factor(s)? in García Mayo, M.P. & García Lecumberri, M.L. (Eds) Age and the Acquisition of English as a Foreign Language. Clevedon: Multilingual Matters
USAID. (2014). Buku Sumber untuk Dosen LPTK: Pembelajaran Literasi Kelas Awal SD/MI di LPTK. Jakarta: USAID
Published
2020-12-31
How to Cite
NOVITASARI, Nine Febrie; NURFIQIH, David. PENGEMBANGAN BIG BOOK UNTUK PENGAJAR BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH TERPENCIL. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 372 - 385, dec. 2020. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/836>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.836.
Section
Articles