STRATEGI GURU DALAM PENGATURAN MEJA KURSI DAN PAJANGAN KARYA SISWA UNTUK MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN AKTIF KONSEP MIKIR DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi yang digunakan guru khususnya dalam penataan meja kursi dan pemajangan karya siswa dalam upaya mengoptimalkan pembelajaran aktif di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik triagulasi data. Penelitian dilakukan di 6 sekolah dasar Negeri yang merupakan mitra Fakultas Keguruan Universitas Jambi. Hasil penelitian menunjukkan stategi yang digunakan guru dalam penetaan meja kursi meliputi pengaturan meja-kursi disesuaikan dengan tema yang diajarkan, bentuk meja-kursi diganti 1-2 minggu sekali, dan pengaturan meja-kursi disesuaikan dengan bentuk kegiatan pembelajaran (individu, berpasangan, dan berkelompok). Hasil karya siswa dari proses pembelajaran sudah dipajangkan oleh guru di dinding sisi kelas. Berbagai bentuk karya siswa dibuat dengan memilih karya yang cocok untuk dipajang seperti tulisan siswa (cerita, puisi, laporan), dan hasil pembelajaran yang menunjukkan unsur kreativitas
References
Harjali. 2016. Strategi Guru dalam Membangun Lingkungan Belajar yang Kondusif: Studi Fenomenologi pada Kelas-kelas Sekolah Menengah Pertama di Ponorogo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 23 (1);10-19.
Isbadrianingtyas, Nafi and Hasanah, Muakibatul and Mudiono, A. (2016). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. Vol 1 (5): 901–904.
Lestari, Y., Rohiat., Anggriani. D. 2017. Pengaruh Penataan Tempat Duduk Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD N 20 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 10 (1):61-65
Moleong, L,J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung
Novianingsih,H. 2016. Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 1 (1):1-11
Zaturrahmi. 2019. Lingkungan Belajar Sebagai Pengelolaan Kelas: Sebuah Kajian Literatur. Ejurnal E-Tech. Vol 7 (6):1-7