UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV MI MUHAMMADIYAH LIMBANGAN

  • Lulu Dwi Lestari PGSD, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Karma Iswasta Eka PGSD, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Okto Wijayanti PGSD, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar dengan model model CTL (contextual teaching and learning) pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku kelas IV A MI Muhammadiyah Limbangan. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian berjumlah 21 peserta didik. Data yang dikumpulkan adalah sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan model CTL (contextual teaching and learning) dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan peserta didik dilihat dari perolehan persentase klasikal angket siklus I yaitu 71% dan rata-rata 1,5 dengan kriteria cukup yang  mengalami peningkatan menjadi 87% dan rata-rata 1,7 dengan kriteria baik di siklus II. Kedua, penerapan model CTL (contextual teaching and learning) dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dilihat dari perolehan rata-rata nilai siklus I yaitu 71 dengan ketuntasan belajar 72% dan meningkat menjadi 75 dengan ketuntasan belajar 81% pada siklus II sehingga indikator keberhasilan penelitian tercapai.

References

Adisusilo, Sutarjo. 2014. Pembelajaran Nilai-Karakter: Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Press.
Anggraeni, Sugiyo dan Kustiono. 2017. The Difference of Ability to Ask, Scientific Attitude, Motivation Before and After Following Contextual Teaching and Learning Model. Journal of Primary Education. Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Arifin,Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. C, Jabar. 2010. Evaluasi Program Pendidikan . Jakarta: Bumi. Aksara.
Arikunto, S. Suhardjono dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aunurrahman. 2010. Buku dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Badarudin. 2018. Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan dan Prestasi Belajar IPA menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Literasi pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku di Kelas IV MI Muhammadiyah Kramat. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Purwokerto.Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Erwin, Muhammad. 2009. Hukum Lingkungan Dalam Sistem Kebijaksanaan Pembangunan Lingkungan Hidup. Bandung: Refika Aditama
Fitri, Agus Zaenul. 2017. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Narwanti, Sri. 2011. Pendidikan karakter. Yogyakarta : Familia
Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Rahmawati, Subali dan Sarwi. 2019. The Effect of Ethnoscience Based Contextual Learning Toward Students’ Learning Activity. Journal of Primary Education. Semarang. Universitas Negeri Semarang
Published
2020-12-31
How to Cite
LESTARI, Lulu Dwi; EKA, Karma Iswasta; WIJAYANTI, Okto. UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV MI MUHAMMADIYAH LIMBANGAN. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 327 - 341, dec. 2020. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/832>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.832.
Section
Articles