PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI DI MA SARJI AR RASYID TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Irma Noervadila STKIP Pgri Situbondo
  • Zainul Munawwir STKIP Pgri Situbondo
  • Ritna Lindawati STKIP Pgri Situbondo

Abstract

Penelitian ini mengetahui seberapa signifikan pengaruh kemampuan awal dan motivasi yang ada dalam diri siswa ataupun eksternal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Kelas XI Pada Materi Soal Cerita di MA SARJI AR RASYID Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan purposive sampling area. Teknik penentuan responden menggunakan purposive sampling yaitu pelaksanaan pengambilan sampel dengan cara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang dibutuhkan yaitu siswa Kelas XI yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 80 siswa untuk menjadi anggota sampel yang akan dijadikan kelas control dan kelas eksperimen sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan yaitu siswa kelas  XI. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan  regresi linier sederhana untuk meguji pengaruh kemampuan awal terhadap kemampuan berpikir kritis dan  menguji pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis, sedangkan untuk menguji Hipotesis yg ketiga yaitu interaksi antara kemampuan awal dan motivasi terhadap kemamapuan berpikir kritis  menggunakan uji regresi berganda.

References

Achmad, A. 2007. Memahami Berpikir Kritis. http://re-searchengines.com /1007arief3.html. Diakses 9 Januari 2010.
Ahmad, Normashita. 2007. “Seminar Penyelidikan Pendidikan Institut Perguruan Batu Lintang Tahun 2007 1.” Seminar.
Amalia, A., & Widayati, A., (2012). Analisis butir soal kendali mutu kelas XII SMA mata pelajaran ekonomi akuntansi di kota Yogyakarta, 1-26.
Amelia, A., (2016). Analisis soal tes kemampuan berpikir kritis hingh order thinking skills (HOTS) matematika materi pecahan untuk kelas 5 sekolah dasar, 123-131.
Angelo, Thomas A. and K. Patricia Cross. 1993. CLASSROOM ASSESSMENT TECHNIQUES Library of Congress Cataloging-in-Publication Data. Vol. 1.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, Siwi Puji. 2015. “PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MINAT BELAJAR.” 5(1):68–75.
Cleopatra, Maria. 2015. “PENGARUH GAYA HIDUP DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP.” 5(2):168–81.
Ennis, Robert H. 1985. “A Logica l Basis for Measu Ring Critic Al Think Ing Skills.” Educational Leadership oktober:44–48.
Fatimah, Siti Iklimatul, Sri Astutik, Program Studi, and Pendidikan Fisika. 2010. “PENGARUH LKS BERBANTUAN SCAFFOLDING DALAM MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING ( CPS ) TERHADAP.” 187–93.
Firmansyah, Muhammad Arie. 2017. “PERAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA DAN BELIEF MATEMATIKATERHADAP HASIL BELAJAR Kemampuan Awal Matematika Membuat Suatu Keputusan . Kemampuan Awal Disini Adalah Pengetahuan Awal Siswa Mengenai.” 1(1).
Hamby, Benjamin. 2013. “A Review of THINK Critically by Peter Facione and Carol Ann Gittens.” Inquiry: Critical Thinking Across the Disciplines 28(1):46–53.
Lestari, Fenti. 2016. “PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA N 2 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016.”
Lestari, Indah. 2015. “PENGARUH WAKTU BELAJAR DAN MINAT BELAJAR.” 3(2):115–25.
Lestari, Witri. 2017. “Pengaruh Kemampuan Awal Matematika Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” 3(1):76–84.
Marzuki and Widodo. 2015. “PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA UNTUK MENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS.” 2(2).
Muhfahroyin. 2009. “Kemampuan, Memberdayakan Kritis, Berpikir Melalui, Siswa , Pembelajaran Konstruktivistik Muhfaroyin.” 16(1):88–93.
Mutmainah. 2018. “NHUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA DAN MOTIVASI KULIAH MAHASISWA DENGAN HASIL BELAJAR STATISTIKA DASARo Title.” (1).
Razak, Firdha. 2017. “H UBUNGAN K EMAMPUAN A WAL TERHADAP K EMAMPUAN B ERPIKIR K RITIS M ATEMATIKA PADA S ISWA K ELAS VII SMP P ESANTREN.” 6:117–28.
Sugiyono. 2015. “Metode Penelitian.” Metode Penelitian.
Tefa, Susanti, Darsih Idayani, and Tri Astindari. 2019. “PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBERIAN TUGAS KELOMPOK DAN TUGAS INDIVIDU PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 6 SITUBONDO PENDAHULUAN Matematika Merupakan Ilmu Yang Mendasari Perkembangan Teknologi Modern Yang Mempunyai Peran Penting Da.” 6(1):23–33.
Zubaidah, Siti. 2017. “Berfikir Kritis :Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Yang Dapat Dikembangkan Melalui Pembelajaran Sains, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang.” (January 2010):100.
Published
2020-12-31
How to Cite
NOERVADILA, Irma; MUNAWWIR, Zainul; LINDAWATI, Ritna. PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI DI MA SARJI AR RASYID TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 315 - 326, dec. 2020. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/831>. Date accessed: 07 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.831.
Section
Articles