MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA LAGU ANAK DALAM PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menggunakan media lagu anak pada siswa kelas V SDN 43 Sungai Sapih Padang dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah 22 siswa kelas V. Penelitian dilakukan dalam II siklus, dan proses penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 87,5% pada RPP siklus I, dan 96% pada siklus II, 79,65 pada aspek guru pada siklus I, 95,8% pada siklus II, dan 76,6% pada siswa siklus I. Siklus II 84,7%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media lagu anak dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SDN 43 Sungai Sapih Padang.
References
Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Bogdan, R. dan T. (1992). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif, Terjemahan oleh Arief Rurchan. Surabaya : Usaha Nasional.
Elly, R. (2016). Hubungan Kedsiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sd Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 43–53.
Hasan, H. (2018). Keterampilan Mengajar Bahasa Arab Materi Istima Menggunakan Media Lagu. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 15(28), 127. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.7
Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1), 90–98. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/25%0ADiscovery Learning, Learning Outcomes
Kunandar. (2011). Guru profesional implementasi kurikulum satuan pendidikan (KTSP) dan sukses dalam sertifikasi Guru (p. 2010). PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71
Miranti, I., Engliana, & Hapsari, F. S. (2015). Penggunaan Media Lagu Anak-Anak Dalam Mengembangkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Di PAUD. Jurnal Ilmiah Kependidikan, II(No. 2 Juli), 167–173.
Musianto, L. S. (2014). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif Dengan Pendekatan Kualitatif Dalam Metode Penelitian. Journal Manajmen Dan Kewirausahaan, 4(2), 123–136. https://doi.org/10.9744/jmk.4.2.pp.123-136
Nupita, E. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Pemecahan Masalah IPA pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal Education, 1(2), 1–9.
Prananda, G., & Hadiyanto. (2019). Korelasi Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 524–532.
Ramdhani, M. A. (2014). Wage Policy and Wage Determination in 1983. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28–36. https://doi.org/10.1177/002218568402600108
Roffiq, A., Qiram, I., & Rubiono, G. (2017). Media Musik Dan Lagu Pada Proses Pembelajaran. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 35. https://doi.org/10.26737/jpdi.v2i2.330
Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154