KESEJAHTERAAN DAN KUALITAS GURU SEBAGAI UJUNG TOMBAK PENDIDIKAN NASIONAL ERA DIGITAL

  • Firman Mansir Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini menjelaskan bahwa persoalan kesejahteraan dan kualitas guru merupakan dimensi yang pertama dan utama dalam mewujudkan pendidikan nasional yang paripurna. Pendidikan di Indonesia saat ini sedang menghadapi masalah yang begitu kompleks, salah satunya adalah rendahnya kualitas tenaga kependidikan atau guru sebagai masalah pokoknya. Selain itu, masih kurangnya kesejahteraan bagi guru juga menjadi masalah pendidikan pada saat ini. Guru merupakan ujung tombak dari pendidikan, dan pendidikan adalah kunci dari pembangunan nasional suatu negara. Karena peran guru yang sangat krusial ini maka penting untuk memberi penghargaan kepada guru atau pendidik. Fakta yang terjadi di Indonesia adalah cerminan kesejahteraan guru masih dianggap kurang, khususnya guru yang berpredikat sebagai honorer. Oleh karena itu, kesejahteraan bagi semua guru perlu menjadi titik perhatian pemerintah dalam rangka mewujudkan pendidikan sejahtera untuk semua guru.

References

Diyanti, Santoso, S., Octoria, D. (2016). “Pengaruh Prestasi Belajar dan Presepsi Mahasiswa tentang Kesejahteraan Guru Terhadap Minat menjadi Guru Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS. Jurnal Tata Arta Uns, Vol 2. No 2.
Fahdini, R., Mulyadi, E., Suhandani, D., & Julia. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Kabupaten Sumedang. Mimbar Sekolah Dasar, 1, 34.
Mansir, F., Purnomo, H., & Tumin, T. (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS SAINS BUDAYA LOKAL DI SEKOLAH DAN MADRASAH. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 7(1), 70-79.
Mansir, F. (2019). IMPLICATIONS OF TEACHER CERTIFICATION ON PROFESSIONALISM AND WELFARE OF 21TH CENTURY PAI TEACHERS. Tadrib, 5(2), 138-152.
Mansir, F. (2018). DISKURSUS PENDIDIKAN KARAKTER DI PEGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM PADA ERA MILENIAL. Tadrib, 4(2), 280-300.
Rohman, M. (2016). Problematika Guru dan Dosen dala Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 14.
Sanaky, H. (2005). “Sertifikasi dan Profesionalisme Guru di Era Reformasi”. Jurnal Pendidikan Islam.
Simatupang, R. (2018). “Korelasi Kesejahteraan Guru Dengan Motivasi Kerja Dalam Pelaksanaan Prosespembelajran di SMA Negeri 1 Pollung Tahun Pembelajaran 2017/2018”. Jurnal Christian humaniora, Vol 2. No 2. 2018
Sulhan, Najib. (2016). “Guru yang Berhati Guru”. Jakarta. Penerbit Zikrul Hakim.
Zulkifli, M., Darmawan, A., & Sutrisno, E. (2014). Motivasi Kerja, Sertifikasi, Kesejahteraan dan Kinerja Guru. Jurnal Psikologi Indonesia, 3, 149.
Published
2020-12-31
How to Cite
MANSIR, Firman. KESEJAHTERAAN DAN KUALITAS GURU SEBAGAI UJUNG TOMBAK PENDIDIKAN NASIONAL ERA DIGITAL. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 293 - 303, dec. 2020. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/829>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.829.
Section
Articles