IMPLEMENTASI COLLABORATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH RISET OPERASI INFORMATIKA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI STKIP PGRI SITUBONDO

  • Dyan Yuliana STKIP PGRI Situbondo, Indonesia
  • Siti Seituni STKIP PGRI Situbondo, Indonesia
  • Sahwari . STKIP PGRI Situbondo, Indonesia
  • Ummy Heny STKIP PGRI Situbondo, Indonesia

Abstract

Proses pembelajaran di lembaga pendidikan khususnya perguruan tinggi merupakan suatu kegiatan interaktif antara mahasiswa dan dosen. Dosen tidak hanya menjadi pusat dari kegiatan proses pembelajaran, namun keterlibatan mahasiswa yang aktif dan penggunaan metode belajar yang sesuai juga penting. Masih kurangnya keaktifan mahasiswa dalam kegiatan diskusi maupun saat mengikuti kegiatan pembelajaran dipengaruhi oleh rendahnya perhatian mahasiswa dalam belajar, sehingga masih sering terlihat mahasiswa yang kurang konsentrasi dalam mengikuti perkuliahan. Agar dapat merangsang mahasiswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan proses pembelajaran, dosen dituntut harus lebih kreatif dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran, diantaranya dengan menguasai materi pembelajaran dan mampu menerapkan model & metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui implementasi collaborative learning untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Riset Operasi Informatika. Metode penulisan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif yang mana data-datanya diperoleh dari hasil observasi dan wawancara yang bercorak deskriptif analitis atau analitis kritis, yaitu mengkaji gagasan primer mengenai ruang lingkup permasalahan yang dipercaya oleh gagasan sekunder yang relevan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi collaborative learning dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi Riset Operasi Informatika, sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah tersebut.

References

Akbar, M.N. Skripsi : Implementasi Pendekatan Collaborative Learning Melalui Pembuatan Video Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Retrieved from:http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/41494/1/MUHAMMAD%20NURUDIN%20AKBAR-FITK.pdf. 30 Maret 2020.
Amalia, N.R. Minggu, 26 Maret 2017. Riset Operasi. http://nadyarizkiamalia.blogspot.com/2017/03/riset-operasi.html. 29 Maret 2020.
Barkley, Elizabeth E., dkk. 2014. Collaborative Learning Techniques (Teknik-teknik Pembelajaran Kolaboratif), cetakan ke-3. Bandung : Nusa Media.
Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Fatoni, Y.A. Skripsi : Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas II Semester II MI Ma’arif Tanjunganom Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang. Retrieved from : http://digilib.uin-suka.ac.id/14006/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKApdf. 31 Maret 2020.
Handayani, B.D. (2011, June). Efektivitas Pembelajaran Aktif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Sektor Publik Pokok Bahasan Akuntansi Satuan Kerja Pengelola Keuangan Daerah (SKPKD). Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 6(1), 62-77.
Hasibuan, R.W. Kamis, 04 Maret 2010. Fungsi Riset Operasi. http://rizkyf5ers.blogspot.com/2010/03/fungsi-riset-operasi.html. 29 Maret 2020.
Inah, E.N. & Pertiwi, U.A. (2017, January-June). Penerapan Collaborative Learning Melalui Permainan Mencari Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V Di SDN Tabanggele Kecamatan Anggalomoare Kabupaten Konawe. Jurnal Al-Ta’dib, 10(1), 19-36.
Iskandar. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta : Referensi.
Lexy J. Moleong. 2013. Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia.
Mahpur, Mohammad. Memantapkan Analisis Data Kualitatif Melalui Tahapan Koding. http://repository.uin-malang.ac.id/800/2/koding.pdf. 30 Maret 2020.
Poerwandari, E.K. 1998. Pendekatan Kualitaif dalam Penelitian Psikologi, Jakarta : LPSP3.
Sarosa, S. 2012. Penelitian Kualitatif Dasar-dasar. Jakarta: Indeks.
Sudarman. (2018, March). Jurnal Pendidikan Inovatif : Penerapan Metode Collaborative Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Retrieved from : https://www.researchgate.net/publication/323510688_penerapan_metode_collaborative_learning_untuk_meningkatkan_pemahaman_materi_kuliah_metodologi_penelitian. 30 Maret 2020.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sulistyawati, N. & Zuchdi, D. (2016, March). Implementasi Teknik Pembelajaran Kolaboratif Dengan Variasi Media Untuk Peningkatan Hasil Belajar Di SMPN 2 Kalijambe. Jurnal Pendidikan IPS, 3(1), 50-61.
Sulystyowati, N.W. (2016, October). Implementasi Small Group Discussion dan Collaborative Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi IKIP PGRI Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 5(2), 173-190.
Published
2020-12-31
How to Cite
YULIANA, Dyan et al. IMPLEMENTASI COLLABORATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH RISET OPERASI INFORMATIKA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI STKIP PGRI SITUBONDO. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 281 - 292, dec. 2020. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/828>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.828.
Section
Articles