PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PENGARUH KEGIATAN EKONOMI SISWA KELAS V SDN 7 PATOKAN KECAMATAN SITUBONDO KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
Pembelajaran IPS di SDN 7 Patokan mengalami kendala, Materi IPS sendiri adalah ilmu pasti dan kompleks. IPS tidak hanya mempelajari sejarah akan tetapi semua aspek sosial yang menjadi objek yang luas. Mata pelajaran IPS dalam hal ini sering kali dianggap materi yang susah-susah gampang hal ini dikarekan objek permasalahan atau keilmuannya hanya berkaitan dengan masyarakat ataupun kegiatan ekonomi. Masalah pembelajaran kebanyakan siswa masih bingung dan masih kesulitan dalam pemahaman, hal ini disebabkan kurang menariknya guru dalam pembelajaran dalam proses belajar mengajar, karena ketidaksiapan guru menggunakan metode yang sangat terbatas. Dengan metode Role playing diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya materi IPS dikarenan role playing dianggap sebagai alternative solusi penyelesaian dari masalah di bidang social berkaitan dengan komunikasi atau kekompakan. Sehingga penggunaan Role playing sebagai solusi pada penelitian ini Hal tersebut sangat berdampak terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. pada siklus I dan siklus II tersebut dapat diketahui bahwa bahwa materi IPS pengaruh ekonomi terdapat peningkatan. Hal ini dibuktikan bahwa hasil penelitian pada prasiklus sebesar 32 %, siklus I sebesar 60%, dan siklus II sebesar 84%. Peningkatan ini terjadi karena adanya penyampaian meteri yang jelas dan pemberian dorongan yang kuat serta metode pembelajaran yang menarik dari guru.
References
Gramedia Widiasana Indonesia.
Mositoh,dkk. 2006. Strategi Pembelajaran Taman Kanak-kanak. Jakarta: UniversitasTerbuka.
Mulyasa, H.E. 2009. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rodakarya.
Najlatun,N.& Galih, W. 2013. Penerapan Teknik Bermain Peran dalam Bimbingan
Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal
siswa kelas X Multimedia SMK IKIP Surabaya. Journal Mahasiswa
Bimbingan Konseling, 1 (1): 61-78.
Romlah T. 2006. Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang