PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV DI SDN 1 GUDANG

  • Ani Magfiro Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Vidya Pratiwi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Mory Victor Febrianto Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v16i2.7545

Abstrak

Penelitian ini mengakaji efektifitas penerapan media pembelajaran Aplikasi Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi perubahan bentuk energi di SDN 1 Gudang tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang ditemukan dalam metode ceramah yang kurang efektif, berdasarkan observasi dan wawancara dengan peserta didik. Aplikasi Wordwall diimplementasikan sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut, dengan tujuan meningkatkan aktivitas peserta didik dan menciptakan suasana kelas yang lebih kondusif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan aplikasi Wordwall berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dibandingkan dengan metode ceramah. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran Aplikasi Wordwall dibanding dengan metode ceramah Nilai rata- rata kelas kontrol 63,82 sedangkan kelas eksperimen 77,41. Hal ini dapat dilihat juga pada hasil penghitungan uji-t nilai pos-tes kedua kelas dengan menunjukkan thitung = 3.500 dan ttabel = 2.032 maka thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.

Referensi

Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan wordwall game quis berpadukan classroom untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2).
Jafar, F,. A. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik : Al asma: Journal of Islamic Education
Lestari, N. (2019). Improving The Speaking Skill by Vlog (video blog) as Learning Media: The EFL Students Perspective. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 9(1), Pages 915-925.
Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education Vol. 2, No. 1.
Nasution, S., & Nurbaiti, A. (2021). Teks Laporan Hasil Observasi Untuk Tingkat SMP Kelas VII. Guepedia.
Nugraha, Mohammad Fahmi. Budi Hendrawan Dkk. 2020. Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Tasikmalaya : Edu Publisher. Rineka Cipta.
Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2021). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Wordwall. 3, 70-77.
Putri, F. M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan

Sugiyono.2019. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D.Bandung: ALFABETA.
Wijoyo, H. (2022). Analisis teknik wawancara (pengertian wawancara, bentuk- bentuk pertanyaan wawancara) dalam penelitian kualitatif bagi mahasiswa teologi dengan tema pekabaran injil melalui penerjemahan alkitab. Academia. Edu, 1-10.
Zakariah, M,. A,. Afriani, V,. & Zakariah, K,. M. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R n D), Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah kola
Diterbitkan
2025-12-05
##submission.howToCite##
MAGFIRO, Ani; PRATIWI, Vidya; FEBRIANTO, Mory Victor. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV DI SDN 1 GUDANG. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 217-223, des. 2025. ISSN 2656-4459. Tersedia pada: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/7545>. Tanggal Akses: 06 des. 2025 doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v16i2.7545.
Bagian
Articles