PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK DI SEKOLAH DASAR : STUDI LITERATUR

  • Imamatul Mustafiah Universitas PGRI Yogyakarta
  • Gita Apriliana Universitas PGRI Yogyakarta
  • Zahri Kurniawan Universitas PGRI Yogyakarta
  • Hermawan Wahyu Setiadi Universitas PGRI Yogyakarta
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v16i2.7528

Abstrak

Pembelajaran tematik di sekolah dasar (SD) menghadapi tantangan serius, seperti rendahnya keterlibatan siswa aktif dan kurangnya inovasi dalam pengembangan bahan ajar, yang disebabkan oleh pendekatan konvensional berbasis ceramah, sehingga menghambat kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pengembangan bahan ajar tematik di SD melalui studi literatur sistematis, dengan mengumpulkan data sekunder dari jurnal ilmiah, buku teks pendidikan, dan laporan penelitian periode 2015–2025, yang diakses melalui database seperti Google Scholar, ResearchGate, dan Sinta, lalu dianalisis menggunakan teknik konten kualitatif (simak, catat, sintesis). Hasil temuan utama menunjukkan PBL efektif mengintegrasikan mata pelajaran tematik, seperti IPA, bahasa Indonesia, dan matematika, melalui masalah kehidupan nyata, meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa hingga 20-30%, keaktifan partisipasi, kolaborasi kelompok, dan kemandirian belajar, dengan guru sebagai fasilitator, meskipun tantangan seperti manajemen waktu dan sumber daya memerlukan perencanaan dan dukungan sekolah. Kesimpulan, PBL sangat direkomendasikan untuk bahan ajar tematik SD karena mendukung pembentukan siswa yang kompeten dan adaptif sesuai Kurikulum Merdeka, dengan implikasi perlunya pelatihan intensif bagi guru dan pengembangan kurikulum yang lebih luas.

Referensi

Ranianisa Rahmi, & Yeni Erita. (2022). ENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS V SEKOLAH DASAR.
1015-Article Text-4454-1-10-20230629. (n.d.).
Antony, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 3(4), 131–135. https://doi.org/10.52436/1.jpti.24
Eka Pratiwi Nurul Agustin, D. (n.d.). PEMBELAJARAN TEMATIK PENERBIT UWKS PRESS.
Hairul Amri Idris, M., Malik, A., Pendidikan dan keguruan, J., STAI DDI Maros, M., & DDI Maros, S. (2025a). Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. 3(01).
Hairul Amri Idris, M., Malik, A., Pendidikan dan keguruan, J., STAI DDI Maros, M., & DDI Maros, S. (2025b). Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. 3(01).
Hairul Amri Idris, M., Malik, A., Pendidikan dan keguruan, J., STAI DDI Maros, M., & DDI Maros, S. (2025c). Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. 3(01).
IGA Mas Darwati, & I Made Purana. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik.
Liana, E. (n.d.). ABSTRACT DEVELOPMENT PROBLEM BASED LEARNING BASED MATERIALS TO INCREASE SKILL THINKING HIGH LEVELS.
Manajemen Pendidikan, J., Shofa Aziza, R., Rahayu Irfani, D., Minahus Saniyah, N., Fitria Azzahra, T., Aini Mustika Hikmah, F., & Nur Sahida, D. (2025). PROBLEM-BASED LEARNING DI MI. 10(2). https://doi.org/10.34125/jmp.v10i2.596
Megalia, D., Chairunnisya, F., Hudaidah, H., Meilanda, I., & Rudiansyah, R. (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS V SD NEGERI 78 PALEMBANG. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 440. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.55248
Octaviani, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Kelas 1 Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 93. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7039
Reno Septianingsih, Indah Putri Yani, Tantri Pramadita, Irawan Sukma, & Mahilda Dea Komalasari. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar Guna Meningkatkan Keaktifan Siswa. Journal Innovation In Education, 2(3), 213–221. https://doi.org/10.59841/inoved.v2i3.1471
Sari, M. (n.d.). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA.
Setia Budi, S., & Firman, F. (n.d.). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Tematik di Sekolah Dasar.
SKRIPSI_Hasan Ismail. (n.d.).
Sulistiani. (2023). Kriteria bahan ajar yang baik.
Taupik, R. P., & Fitriani, Y. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 1525–1531.
Teori, A. K. (n.d.). BAB II KAJIAN PUSTAKA.
Yelnosia, R., & Taufik, T. (n.d.). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar (Vol. 8, Issue 5). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd
Zaini, R., Harahap, R. A., Akmal, S.-R., & Serdang, D. (2025a). Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. In Jurnal Pendidikan dan Keagamaan (Vol. 2, Issue 4).
Zaini, R., Harahap, R. A., Akmal, S.-R., & Serdang, D. (2025b). Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. In Jurnal Pendidikan dan Keagamaan (Vol. 2, Issue 4).
Diterbitkan
2025-12-05
##submission.howToCite##
MUSTAFIAH, Imamatul et al. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK DI SEKOLAH DASAR : STUDI LITERATUR. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 245-253, des. 2025. ISSN 2656-4459. Tersedia pada: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/7528>. Tanggal Akses: 06 des. 2025 doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v16i2.7528.
Bagian
Articles