MODEL PENGEMBANGAN LITERASI KEWARGANEGARAAN BERBASIS PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DI TINGKAT SMA

  • Farhatin Karima Universitas Kristen Cipta wacana
  • Supriyadi Supriyadi Universitas Kristen Cipta Wacana
  • Mohammad Nasir Universitas Kristen Cipta Wacana

Abstract

Korupsi masih menjadi persoalan sistemik di Indonesia yang melemahkan tata kelola publik dan kepercayaan masyarakat. Di sisi lain, pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada tingkat SMA sering kali belum optimal dalam membentuk sikap serta perilaku anti-korupsi peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji model literasi kewarganegaraan berbasis pendidikan anti-korupsi yang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan, sikap integritas, serta partisipasi kewarganegaraan siswa SMA. Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan strategi mixed-methods sekuensial eksplanatori. Tahapan meliputi analisis kebutuhan, validasi pakar, uji coba terbatas, serta evaluasi efektivitas melalui desain kuasi-eksperimental pretest–posttest dengan kelompok kontrol, dilengkapi wawancara, FGD, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang dikembangkan efektif meningkatkan aspek kognitif, afektif, dan konatif siswa. Analisis kuantitatif memperlihatkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan antikorupsi, sikap pro-integritas, dan niat melaporkan praktik korupsi, sedangkan data kualitatif menegaskan perubahan norma kelompok serta praktik kelas yang lebih menghargai kejujuran. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi eksplisit pendidikan anti-korupsi dalam kurikulum PPKn serta perlunya dukungan kebijakan, pelatihan guru, dan monitoring berkelanjutan untuk menjamin keberlanjutan model. Temuan ini diharapkan berkontribusi pada penguatan pendidikan karakter dan pembentukan generasi muda yang berintegritas.

References

Alanur, S. N. (2023). Analysis of Curriculum 13 and Class XI Pancasila and Civic Education Textbook at Al-Azhar Mandiri High School Palu. AURELIA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:264602653
Angelia, I., Ananda, A., & Montessori, M. (2022). Development of problem-based learning model for corruption prevention in improving anti-corruption attitude in citizenship learning health certificate. Linguistics and Culture Review. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:246268620
Bustan, R., & Mailani, L. (2022). Effectiveness of anti-corruption counseling with psycho-religious approach to develop student integrity character. Integritas : Jurnal Antikorupsi, 8(1), 135–149. https://doi.org/10.32697/integritas.v8i1.896
Hidayat, I., Wapa, A., & Nugroho, W. (2024). Manajemen aplikasi bimbingan konseling berbasis web. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 15(2), 121-130.
Idang Ramadhan, Yunita Kusumaningrum, & Hanik Tri Wilujeng. (2024). Meningkatkan Keaktifan Siswa melalui Proyek Kewarganegaraan Antikorupsi di SMK Pawyatan Daha 2 Kediri. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(1). https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v3i1.3091\
Istiqamah, & Asmar, Abd. R. (2022). MENINGKATAN PERILAKU ANTI KORUPSI MELALUI MODEL INVESTIGATIVE REPORT: INTEGRASI MATA PELAJARAN AGAMA DAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSI. Bilancia: Jurnal Studi Ilmu Syariah Dan Hukum, 16(1), 151–175. https://doi.org/10.24239/blc.v16i1.865
Mustopa, A., & Susanti, S. S. (2023). Integral and Anti-Corruption Generation: The Implementation of A Model of Citizenship for Social Projects Based on Religion and School Culture. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 8(2), 133. https://doi.org/10.30983/educative.v8i2.7270
Okpatrioka Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
Supriadi, S., Zulfaidah, A., Nasir, M., & Dhayinta, S. T. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Buatan Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar PPKn Siswa di SMA. PEMA, 5(2), 684–690. http://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/pema/article/view/1253
Trisiana, A., Priyanto, A., & Sutoyo, S. (2024). Analysis of Developing Anti-Corruption Education in Indonesia Through Media-Based Citizenship Education Learning Smart Mobile Civic. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 43(1), 166–175. https://doi.org/10.21831/cp.v43i1.60261
Sudrajad, W. (2025). THE ROLE OF STUDENTS’PSYCHOLOGICAL EXPLORATION IN CONTEMPORARY LITERATURE: A STUDY OF IAN MCEWAN AND JULIAN BARNES. Consilium: Education and Counseling Journal, 5(2), 841–860. https://doi.org/10.36841/consilium.v5i2.6399
Sudrajad, W., Fikri, M. H., & Putra, R. P. B. (2024). HELP ME CHATGPT! WHAT WAYS DOES CHATGPT INFLUENCE STUDENTS’PRODUCTIVITY AND CREATIVITY IN ENGLISH ACADEMIC WRITING? EDUCATUM: Scientific Journal of Education, 2(2), 48–57.
Sudrajad, W., Sulistyaningsih, S., & Ulfa, F. (2023). Increasing Student’s Ability to Write Descriptive Text Using the Brainstorming Method. International Journal of English and Applied Linguistics (IJEAL), 3(2), 109–118.
Wapa, A., Arnyana, I. B. P., & Suastra, I. W. (2024). The Influence Of The Creative Problem Solving (CPS) Model on Science Learning Outcomes in Terms Of Students' Multicultural Attitudes. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 13(1), 27-35.
Wibowo, S., & Fitriany, A. (2025). INTEGRASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH: STUDI PADA MATA KULIAH SEJARAH KEBUDAYAAN INDONESIA. Consilium: Education and Counseling Journal, 5(1), 678–690.
Yasin, M. I., Fikri, M. H., Sudrajad, W., & Dewi, M. (2025). Understanding Character Dialogue in Modern English Literature: A Qualitative Study on Students’ Cognitive Processes in Literary Learning. Journal of Development Research, 9(1), 92–100.
Published
2025-10-11
How to Cite
KARIMA, Farhatin; SUPRIYADI, Supriyadi; NASIR, Mohammad. MODEL PENGEMBANGAN LITERASI KEWARGANEGARAAN BERBASIS PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DI TINGKAT SMA. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 176-185, oct. 2025. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/7283>. Date accessed: 07 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v16i1.7283.
Section
Articles