PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA KELAS V SD NEGERI 01 MANGUNREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V SD Negeri 01 Mangunrejo pada mata pelajaran IPAS. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket observer. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran serta angket minat belajar siswa yang dikembangkan berdasarkan tujuh sintaks CTL (konstruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, modeling, refleksi, dan penilaian autentik) komalasari (2021). Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menghitung rata-rata dan persentase skor minat belajar serta secara kualitatif melalui deskripsi aktivitas siswa selama pembelajaran. Hasil penelitian mengindikasi adanya peningkatan signifikan pada variabel minat belajar siswa. Skor rata-rata minat belajar meningkat dari kategori rendah (2,28) pada siklus I menjadi kategori tinggi (3,36) pada siklus II. Selain itu, keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa mencapai 96% dan oleh guru 100%, melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan. Temuan ini mengindikasi bahwa penerapan model CTL mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, bermakna, dan kontekstual sehingga efektif dalam mengoptimalkan minat belajar siswa. Dengan demikian, CTL dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran untuk mengoptimalkan kualitas proses pembelajaran di sekolah dasar.
References
Arifah Nugroho, A., Sugiyanta, G., & Yuliatun. (2021). Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning CTL terhadap hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar. DIKDASTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-An, 7(1), 55–64. https://journal.ipw.ac.id/index.php/dikdastika/article/view/34
Dewi, A. M., Azzahra, A., Kamila, A. I., Ulya, N., & Sari, L. K. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Indonesia. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 2, 24–34.
Fadhillah, F., & Puspita, M. G. (2025). Contextual Teaching and Learning Effectiveness on Critical Thinking Ability Based on Students’ Learning Styles. Future Space: Studies in Geo-Education, 2(1), 1–15.
Hamruni, H. (2015). Konsep dasar dan implementasi pembelajaran kontekstual. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2), 177–187.
Handini, D., Gusrayani, D., & Panjaitan, R. L. (2016). Penerapan model contextual teaching and learning meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi gaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).
Heri, T. (2019). Meningkatkan motivasi minat belajar siswa. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1).
Hosnan, M. (2020). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Komalasari, K. (2021). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Julaiha, S. (2014). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran. Dinamika Ilmu, 14(2), 226–239.
Kustian, N. G. (2021). Penggunaan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 30–37.
Lubis, F. G., Putri, A. D., Irvan, R. A., & Jf, N. Z. (2022). Guru Profesional Sebagai Komunikator dan Fasilitator Pembelajaran Bagi Siswa. Cendekiawan: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 1(1), 34–38.
Mardinie, F. D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed Terhadap Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2, 383–387.
Muhartini, M., Mansur, A., & Bakar, A. (2023). Pembelajaran kontekstual dan pembelajaran problem based learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66–77.
Nugraheni, D. (2015). Meningkatkan Minat Belajar Sains (IPA) Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS), 3(2), 10–20.
Nurfathiyah, D. (2025). UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN CTL PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 13(a), 367–376.
Perdana, D. R., Izzati, A., & Sabila, A. N. (2024). Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (Ctl) Berbantuan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Biochephy: Journal of Science Education, 4(2), 814–828.
Rahmajati, D. A. R., & Dewi, K. K. (2024). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Kelas VII F di SMP Negeri 11 Surakarta. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 84–91.
Ramadhan, M. F., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Validitas and reliabilitas. Journal on Education, 6(2), 10967–10975.
Roshayanti, F., & Priyanto, W. (2019). Pengaruh Kartu Kuartet Dalam Model Pembelajaran Stad Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. Journal of Education Technology, 3(4), 253–259.
Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Siregar, T. R. A., Iskandar, W., & Rokhimawan, M. A. (2020). Literasi sains melalui pendekatan saintifik pada pembelajaran ipa sd/mi di abad 21. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 243–257.
Slavin, R. E. (2009). Cooperative learning teori, riset dan praktik.
Soehari, H. (2021). Motivasi Dan Pengukurannya. Jurnal Visi Manajemen, 7(1), 43–55.
Widodo, S., & Wahyudin. (2018). Pembelajaran Kontekstual dan Konstruktivistik. Bandung: Alfabeta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.











