MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN METODE COLLABORATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  • Siti Seituni STKIP PGRI Situbondo
  • Sahwari . Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Rahmat Shofan Razaqi STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Proses pembelajaran yang kondusif berkorelasi dengan hasil belajar yang baik, sehingga berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan hasil siswa di sekolah. Jika hasil belajar siswa dapat ditingkatkan, maka dapat diharapkan pula tercapainya kriteria ketuntasan belajar siswa. Strategi meningkatkan hasil belajar siswa sering menjadi masalah tersendiri bagi para guru karena terdapatnya beberapa faktor , baik internal maupun eksternal yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Seorang guru harus mampu memilih metode yang tepat untuk diterapkan dalam suatu kelas untuk mentransfer materi dengan mudah dapat diserap dengan cepat dan cepat dipahami siswa. Salah satu metode pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah adalah dengan menggunakan metode collaborative learning.


Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang disebut  Research and Development (R&D). Menurut Sugiyono  Research and Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. dengan Instrumen Pengumpulan data yang digunakan dalam uji coba berupa angket dengan Skala Likert, dikembangkan sesuai dengan nama pengembangnya yaitu oleh Rensis Likert. Dengan  menggunakan analisis data deskriptif . sedangkan Untuk mengukur rata-rata, peneliti menggunakan (Mean) diperoleh atau dihitung dengan cara menjumlahkan seluruh skor yang diperoleh dan membaginya dengan jumlah subjek (jumlah skor) dengan rumus Rata-rata Hasil= 100. Dengan Hasil terbentunya  media pembelajaran interaktif yang melalui beberapa tahapan yang pada akhirnya bisa dikatakan valid dan dapat digunakan untuk pembelajaran agama islam di SMK Farida Adz-Dzikra. Media pembelajaran interaktif ini dapat digunakan secara klasikal maupun mandiri.

References

1. Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
2. Fitri, A. Z. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Dan Etika Di Sekolah. Ar-Ruz Media: Djogjakarta.
3. Hamalik, 2011, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.
4. Mu’min, U. A. 2017. The effect of Islamic Education Learning (PAI) and Learning Results to Student’s Religious Behavior of Stisip Widyapuri Mandiri Sukabumi Student.
5. Purwanto, 2009, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka belajar.
6. Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
7. Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta.
8. Suprijono, 2010, Cooperative Learning, Yogyakarta. Pustaka Belajar.
9. Tolchah Dkk. 2016. Pendidikan Agama Islam. Madani: Malang.
Published
2019-12-30
How to Cite
SEITUNI, Siti; ., Sahwari; RAZAQI, Rahmat Shofan. MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN METODE COLLABORATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 208 - 222, dec. 2019. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/650>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.650.
Section
Articles