PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING VARIASI MEDIA NYATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Pemahaman peserta didik merupakan hal yang sangat penting bagi tenaga pengajar di dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat menciptakan situasi dan kondisi yang tepat di dalam proses belajar mengajar serta member pengaruh yang optimal bagi peserta didik untuk mencapai hasil belajar yang baik. Pencapaian hasil belajar yang baik dapat di lakukan dengan cara peningkatan pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran. Untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran, seorang guru harus menggunakan berbagai metode yang mendukung terciptanya cara belajar siswa aktif. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning variasi media nyata dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran ekonomi. Pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning variasi media nyata pada mata pelajaran ekonomi maka di peroleh kriteria aktivitas siswa sangat aktif, hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata keaktivan siswa yang mencapai93 % pada pertemuan 1 dan pada pertemuan ke 2 mencpai 95 % dengan kriteria keaktifan sangat aktif. Hasil ulangan harian pada pelaksanaan siklus II diperoleh data 2 siswa yang tidak tuntas dari 32 siswa yang mengikuti ulangan harian mata pelajaran ekonomi, karena siswa tersebut memperoleh nilai kurang dari 70 dari skor 100 sedangkan 30 siswa yang tuntas belajarnya mencapai 94 % dan siswa tidak tuntas 6 %. Hasil belajar siswa pada siklus II sudah mengalami peningkatan yang sangat baik bila dibandingkan dengan siklus I.
References
Berenson. 2015. Open Ended Cooperative Learning. PT. BumiAksara, Jakarta
Cholid Narbuko dan Abu Ahmad, 2013, MetodologiPenelitian, PT. Bumi Aksara, Jakarta
Dalyono, M. 2011,Psikologi Pendidikan Jakarta PT. RinekaCipta
Departemen Pendidikan Nasional 2007, StandarPenilaian Pendidikan Jakarta
Dewa Ketut Sukardi, 2013, PengantarPelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, RinekaCipta
Djamarah Bahri. S, 2012, Strategi Belajar Mengajar Jakarta, PT Rineka Cipta
Hadi, 2011. Metodologi Research Jilid 1.Yogyakarta: Andi Offset
Hakim, Tharsan, 2011, Belajar Secara Efektif, Jakarta Paspa Swara
Hasbullah, 2011, Dasar – dasar Ilmu Pendidikan, PT , Raja Grafindo Persafa, Jakarta
Hobri, 2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jember. UPTD Balai Pengembangan Pendidikan Kabupaten Jember
Hobri, 2009. Model- model Pembelajaran Inovatif. Jember. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember
Mardalis. 2013. Metodologi Research. Jakarta. PT Cipta Karya
Mudjiono, Dimiyati, 2009, Belajar dan Pembelajaran Jakarta, Rineka Cipta
Nana Sudjana. 2013, Penilaian Hasil Proses BelajarMengajar, Bandung PT. Remaja Rosdakarya
Nurhadi dan Senduk 2013. Pembelajaran berbasis masalah open – ended, Jakarta. PT Cipta Karya
Oemar Hamalik, 2013 Belajar dan factor – factor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : RinekaCipta
Slameto, 2014, Teknologi dan factor – factor yang mempengaruhinya, Jakarta
PT .RinekaCipta
Sudiarta, 2015. PembelajarBerbasismasalah Open – ended. Jakarta, PT Raja Grafindo
Suharsimi Arikunto, 2009. Metodologi Penelitian. Jakarta. PT Rineka Cipta
Supriono Subakir Ahmad Supari 2011 Manajemen Berbasis Sekolah IKAPI Cabang Jatim
Syaiful Bahri Djamarah 2009, Rahasia Sukses Belajar, Jakarta PT .Rineka Cipta
Syaiful Sagala, 2012, Manajemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Bandung, CV. Alfabeta
Thabrani, Aasibullah, 2015, Rahasia Sukses Belajar, Jakarta, PT. Raja Grafindo
Yamin Riyanto. 2013. Metodologi Penelitian III. Jakarta PT Bumi Aksara