KOLABORASI KEPALA SEKOLAH, GURU, DAN TENAGA ADMINISTRASI DALAM MEWUJUDKAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN YANG EFEKTIF DI SEKOLAH DASAR NEGERI SD INPRES DOYO LAMA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kolaborasi kepala sekolah, guru, dan tenaga administrasi di Sekolah Dasar Negeri SD Impres Doyo Lama dalam mewujudkan administrasi pendidikan yang efektif di sekolah dasar. Administrasi pendidikan yang baik memiliki peran penting dalam mendukung manajemen sekolah yang efisien, transparan, dan akuntabel. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas administrasi pendidikan sangat bergantung pada kerja sama yang baik antara kepala sekolah, guru, dan tenaga administrasi. Kepala sekolah memiliki peran strategis dalam mengarahkan dan mengawasi seluruh proses administrasi, sementara guru dan tenaga administrasi di Sekolah Dasar Negeri SD Impres Doyo Lama bertanggung jawab atas pengelolaan data, keuangan, serta operasional sekolah. Faktor pendukung efektivitas administrasi pendidikan meliputi pemanfaatan teknologi, kompetensi tenaga administrasi, dan kebijakan sekolah di Sekolah Dasar Negeri SD Impres Doyo Lama yang mendukung sistem administrasi yang efisien. Namun, terdapat beberapa hambatan seperti keterbatasan sumber daya manusia yang kompeten serta keterbatasan anggaran dalam pengadaan teknologi. Dengan strategi yang tepat, seperti peningkatan pelatihan SDM dan digitalisasi sistem administrasi, efektivitas administrasi pendidikan dapat terus ditingkatkan guna menunjang mutu pendidikan yang lebih baik.
Referensi
Ifrel Research. (2021). "Manajemen Administrasi Pendidikan dalam Pengelolaan Sekolah Efektif." Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 23-36.
Ifrel Research. (2022). "Pemanfaatan Teknologi dalam Administrasi Sekolah Dasar." Jurnal Riset Pendidikan Digital, 7(3), 45-60.
Intelligentes. (2018). "Efektivitas Administrasi Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Guru." Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 89-102.
Journal of Education Management. (2019). "Leadership and Collaboration in School Administration: A Qualitative Approach." International Journal of Educational Studies, 11(3), 210-226.
Jurnal UM-Tapsel. (2021). "Administrasi Pendidikan dan Efektivitas Pengelolaan Sekolah." Jurnal Pendidikan dan Kebijakan Sekolah, 7(2), 50-64.
Mandala Nursa. (2019). "Evaluasi Administrasi Sekolah dalam Konteks Manajemen Berbasis Sekolah." Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(4), 123-136.
Mandala Nursa. (2020). "Kolaborasi Kepala Sekolah dan Guru dalam Administrasi Pendidikan." Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(3), 110-125.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & SaldaƱa, J. (2019). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
NU Jatim. (2021). "Kolaborasi Kepala Sekolah, Guru, dan Tenaga Administrasi sebagai Kunci Keberhasilan Pendidikan." Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 78-92.
Nusanipa, R. (2019). "Peran Guru dalam Administrasi Pendidikan Sekolah Dasar." Jurnal Intelligentes, 3(2), 67-82.
Prasetyo, Z. (2022). "Kepemimpinan Administrasi dalam Meningkatkan Efektivitas Manajemen Sekolah." Jurnal Administrasi Pendidikan, 10(2), 45-57.
Repository Universitas Negeri Yogyakarta. (2020). "Strategi Pengelolaan Administrasi Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Sekolah." Jurnal Pendidikan dan Manajemen Sekolah, 8(2), 55-71.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
UNG Repository. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Universitas Negeri Gorontalo.
Unilak Journal. (2022). "Analisis Efektivitas Administrasi Sekolah melalui Kolaborasi Tenaga Kependidikan." Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 6(1), 35-49.
