ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II DI SDN JULUK II
Abstract
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami kegunaan serta manfaat media pembelajaran Wordwall dalam pengajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas II di SDN Juluk II. Variabel yang diteliti berfokus pada penggunaan media pembelajaran Wordwall sebagai variabel tunggal. Subjek penelitian terdiri dari 16 siswa kelas II, baik laki-laki maupun perempuan, serta guru wali kelas II. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan observasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat manfaat yang signifikan dalam penggunaan media pembelajaran Wordwall, terutama dalam pengajaran materi kalimat fakta dan opini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media Wordwall merupakan alat yang interaktif dan efektif. Penggunaannya mampu mendorong siswa untuk berpikir kritis dan mengurangi rasa takut dalam menjawab pertanyaan, sehingga mereka merasa lebih rileks dan tidak terbebani. Selain itu, media ini mudah diakses dan ekonomis, meskipun penggunaannya memerlukan koneksi jaringan yang stabil serta kemampuan siswa dalam mengoperasikan gadget dan perangkat lainnya dengan baik.
References
Andini, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur.
Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). metode penelitian kualitatif & kuantitatif. pustaka ilmu.
Faizah, R. (2024). Belajar Dan Pembelajaran. 8(1), 466–476.
Fiantika, F. R. h. ., Wasil, M., Jumiyati, S. R. I., Honesti, L., Wahyuni, S. R. I., Mouw, E., Mashudi, I., Hasanah, N. U. R., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., & Waris, L. (2022). Metodologi penelitian kualitatif (M. H. Yuliatri Novita (ed.)). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOG.
Khairunisa, Y. (2021). Pemanfaatan Fitur Gamifikasi Daring Maze Chase–Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Statistika Dan Probabilitas. Kajian Dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.46961/mediasi.v2i1.254
Lestari, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall Di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 111–116. https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no2.a11309
Muhammad Ibnu Mubarok et al. (2024). Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Educational and Language Research, 3(6), 265–274.
Nissa, et al. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Penggunaan Media Pembelajran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. 3(5), 2854–2860.
Putri, E. E., & Saleh, Nurming, J. (2021). Media Pembelajaran Word Wall dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman. Of Language and Literature Egidya, 2(1), 54–60.
Sahabuddin, et al. (2023). Media Pembelajan. Eureka Media Aksara.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan The Role Of Instructional Media To Improving. Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.
ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Edukatif, 1(1), 18–27.
Yumriani5, et, A. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. 2(1), 1–8.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.