PERAN DAN MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

  • Fahrin Nailatil Karomah STKIP PGRI SUMENEP
  • Devita Devita STKIP PGRI SUMENEP
  • Zulfikar Januarga Ramli STKIP PGRI SUMENEP
  • Mas'odi Mas'odi STKIP PGRI SUMENEP

Abstract

Penelitian ini bertujuan dalam menganalisis manfaat dan peran media pembelajaran dalam upaya meningkatkan belajar siswa khususnya pada jenjang Pendidikan sekolah dasar. Media pembelajaran adalah suatu alat yang berguna untuk menyampaikan materi pembelajaran serta sebagai penghubung dalam penyampaian materi ajar dengan cara yang lebih menarik, interaktif dan efektif. Selain itu, media pembelajaran dianggap sebagai kunci dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode studi Pustaka. Dari metode penelitian yang dipakai tersebut mendapatkan hasil berupa penggunaan media pembelajaran yang terdiri dari media visual, audio, audio-visual, serta multimedia dapat meningkatkan pembelajaran yang efektif , memahami materi dengan lebih baik, siswa juga dapat dilibatkan dalam proses belajar, serta membantu siswa lebih memahami tentang konsep-konsep yang diajarkan . Media pembelajaran ini tidak hanya bermanfaat bagi siswa tetapi juga bermanfaat bagi tenaga pendidik  yang berguna dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat menjadi suatu strategi ataupun suatu cara yang efektif dalam mingkatkan kuallitas pembelajaran Pendidikan yaitu pada Pendidikan sekolah dasar.

References

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98–107.
Agustira, S., & Rahmi, R. (2022). MUBTADI : Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 72–80.
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. (2021). Media pembelajaran. Tahta media group.
Husna, K., & Supriyadi, S. (2023). Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 981–990. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.4273
Jauhari, Moh. I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Journal PIWULANG, 1(1), 54. https://doi.org/10.32478/ngulang.v1i1.155
Luthfi, I. M. (2023). RETRACTED: Media Pembelajaran dan Peran Pentingnya dalam Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Arab. Jiluna Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 8–16. https://doi.org/10.61181/jilunaarabiyah.v1i1.352
Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–105.
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Putri, D. N. S., Islamiah, I., Andini, T., & Marini, A. (2022). Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 367.
S, I. R. K.-K., & Rohani. (2019a). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN Oleh: Sustainability (Switzerland), VII(1), 91–96.
Sugiantara, I. P., Listarni, N. M., & Pratama, K. (2024). Urgensi Pengembangan Media Pembelajaran Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasi Digital, 4(1), 73–80. https://doi.org/10.54065/jld.4.1.2024.448
Sumianto, T., Susilo, S. V., & Febriani, B. (2020). Penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2).
Supriyono, S. (2018). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48.
Tafonao, T. (2018a). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020b). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.52217/lentera.v16i1.1081
Wati, A. (2021). Pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68–73.
Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
Published
2024-12-31
How to Cite
KAROMAH, Fahrin Nailatil et al. PERAN DAN MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 211-222, dec. 2024. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/5768>. Date accessed: 17 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v15i2.5768.