ANALISIS PEMBELAJARAN IPAS MI PADA KURIKULUM MERDEKA DALAM OPTIMALISASI PEMAHAMAN BUDAYA LOKAL PROBOLINGGO

  • Nur Fitri Amalia Universitas Islam Zainul Hasan Gengong Probolinggo

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis, mengeksplorasi pembelajaran IPAS MI pada kurikulum merdeka dalam optimalisasi budaya lokal Probolinggo. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode literatur review, observasi, tanya jawab dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di MI NU Probolinggo dan MI Tarbiyatul Islam Probolinggo. Analisis data dilakukan menggunakan reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran IPAS MI pada kurikulum merdeka dalam optimalisasi pemahaman budaya lokal Probolinggo dilakukan dengan menggunakan APE BATTIK. APE BATTIK merupakan akronim dari Alat Permainan Edukatif Budaya, Akhlak, Kritis, Kreatif dan Ketuhanan. APE BATTIK mengaitkan materi budaya, kearifan lokal Probolinggo dengan materi keragaman hayati dan pelestarianya di wilayah Probolinggo. Hasil implementasi menunjukkan pembelajaran lebih menyenangkan, menarik dan dapat melatih peserta didik untuk berpikir ilmiah. Hasil kinerja peserta didik berkaitan dengan pemahaman budaya lokal dan keragaman hayati mengalami peningkatan yang signifikan.

References

Amalia, N. . (2022). ALAT PERMAINAN EDUKATIF MEMASAK (APEM) DALAM PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR SISWA M.I. JURNAL IKA: IKATAN ALUMNI PGSD UNARS, 12(2), 55–63.
Andy, D. S. P., Setiawan, F., & Naila, I. (2023). Studi Deskriptif: Evaluasi Pembelajaran Ips Sekolah Dasar Melalui Aplikasi Quizizz. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 747–757. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1932
Astuti, Y. P. (2017). Pembelajaran tematik berbasis real object di sekolah dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 1(1), 13–19.
Demusti, O., Hasan, M. F., Robiah, S., & Ningsih, A. (2024). Dinamika Asesmen Afektif pada Kurikulum Merdeka pada MI di Jember. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1223–1228. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1000
Dzikrulloh, M. H. A., Rondli, W. S., & Darmuki, A. (2024). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Abad 21 terhadap Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 257–273. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i2.9274
Febrianti, A. H. (2024). Studi komparatif Komponen Pendidikan IPS dan PKN Dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Madrasah, 1(2), 99–112. https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jimad/article/view/27901%0Ahttps://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jimad/article/viewFile/27901/11529
Fuad, A. F., Basyirah, R., & Ihsana El Khuluqo. (2024). The Hidden Curriculum in Islamic Education: Developing Critical Thinking and Moderate Attitudes among Students. Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 17(1), 51–66. https://doi.org/10.37812/fikroh.v17i1.1401
Gunadi, S. S., Hanifah, N., & Nugraha, R. G. (2024). Analisis Strategi Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Penguatan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 13(1), 177–184. https://jurnaldidaktika.org
Hariri, H. (2024). Sikap Ilmiah Peserta Didik Melalui Pendekatan Saintifik. INSTRUKTUR: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 69–80.
Hasanah, A., Amelia, C. R., Salsabila, H., Agustin, R. D., Setyawati, R. C., Elifas, L., & Marini, A. (2023). Pengintegrasian kurikulum merdeka dalam pembelajaran ipas: Upaya memaksimalkan pemahaman siswa tentang budaya lokal. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 3(1), 89. http://www.nber.org/papers/w16019
Indriyati, N. (2023). Peran Media Sosial dalam Pembelajaran IPS Era Society 5.0 di MI Darwata Karangasem Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap. Jurnal Kependidikan, 11(2), 240–253. https://doi.org/10.24090/jk.v11i2.8702
Isnaini, A., Fadilah, N., & Mediasari, Y. (n.d.). Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Phet pada Pembelajaran IPA Kelas VIII I SMPN 5 Semarang. 202–211.
Lestari & Dwi. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dikombinasikan dengan. Pendidikan Biologi, 1(1), 59–68.
Lestari, N. C., Hidayah, Y., & Zannah, F. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Permainan Edukatif Terhadap Hasil Belajar IPA di SDN 1 Sungai Miai 7 Banjarmasin. Journal on Education, 5(3), 7095–7103. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1497
Purwaningsih, N., & Setyowati, N. (2023). Pembuatan Alat Peraga Edukatif Untuk Media Pembelajaran Guru SD. Social Science Academic, 631–642. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
Rahman, R., & Fuad, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(1), 75–80. https://doi.org/10.69875/djosse.v1i1.103
Rahmawati, D. Y., Wening, A. P., Sukadari, S., & Rizbudiani, A. D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2873–2879. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5766
Restiara, R., Alena, S., Rahayu, S., Wulandari, Y., & ... (2024). Relevansi pemikiran Ki Hadjar Dewantara dengan pencerminan nilai Pancasila dalam upaya pembentukan karakter peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan …, 8, 14368–14378. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/14415%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/14415/11057
Sakdulloh, M., Hidayah, U., & Halili, H. R. (2022). Model Pembelajaran Multiliterasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Holistik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 530–538.
Salsabila & Ahadi. (2024). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI ) Kelas IV MI Salafiyah Tanjungsari keberlangsungan kehidupan yang efektif . Kurikulum menjadi inti dari pendidikan karena efektif bagi siswa ( Sela , 2024 ). Kurikulu. 9(1), 65–84.
Sari, P. R., Segara, N. B., & Prasetya, S. P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa Kelas VII Pada Materi Sumber Daya Alam di SMPN 40 Surabaya. 4(3), 279–294.
Sarifah, F., & Nurita, T. (2023). Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi. Pendidikan Sains, 11(1), 22–31. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/46474
Sutanto, S. (2024). Transformasi Pendidikan di Sekolah Dasar: Peran Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Indonesia. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(1), 69–76. https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i1.0009
Wilujeng. (2004). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPREHENSIF DAN HOLISIK SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN INTEGRATED SCIENCE. Jurnal Ilmiah Guru, 8(1).
Wulandari, N., Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Kecepatan Dan Debit. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 6(2), 287–303. https://doi.org/10.33503/prismatika.v6i2.3460
Published
2024-12-17
How to Cite
AMALIA, Nur Fitri. ANALISIS PEMBELAJARAN IPAS MI PADA KURIKULUM MERDEKA DALAM OPTIMALISASI PEMAHAMAN BUDAYA LOKAL PROBOLINGGO. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 106-120, dec. 2024. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/5680>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v15i2.5680.