MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI METODE BERBASIS MASALAH (PBL) DI KELAS V SN PLALANGAN

  • Siti Jayana Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Heldie Bramantha Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Vidya Pratiwi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Pembelajaran ipada idasarnya imerupakan iaktivitas imengaktifkan, imenyentuhkan, imempertautkan, imenumbuhkan, imengembangkan, idan imembentuk ipemahaman imelalui ipenciptaan ikegiatan, ipembangkitan ipenghayatan, iinternalisasi, iproses ipenemuan ijawaban ipertanyaan, idan irekonstruksi ipemahaman imelalui irefleksi iyang iberlangsung isecara idinamis. iDengan ikata ilain ipembelajaran imerupakan ikegiatan iuntuk imembelajarkan isiswa iagar idapat ibelajar idengan ibaik isehingga imereka idapat imengembangkan ikemampuan iyang idimiliki. iSDN i1 iPlalangan imerupakan isekolah iyang isudah ilama iberdiri. iPeneliti ijuga imengetahui iproses ipembelajaran idi iSDN i1 iPlalangan imenggunakan iyaitu imetode iceramah isehingga idalam ipenyampaian imateri iyang isering iterjadi iadalah ipenyampaiannya ihanya isecara igaris ibesarnya isaja isedangkan ikelemahan isiswa isulit imenghafal imateri. isehingga ipenyerapan imateri i isiswa ikurang ioptimal. iPermasalahan iyang idiangkat idalam ipenelitian iini iadalah ibagaimana imeningkatkan ihasil ibelajar iIPAS i imelalui imetode iberbasis imasalah i(PBL). iKesimpulan ipenelitian iini, iyaitu i(1) iBagi iGuru idapat imenambah ipengetahuan idan istrategi i ilangkah-langkah imetode ipembelajaran iberbasis imsalah i(PBL) iterhadap isiswa i(2) iBagi iSiswa iuntuk imembangkitkan idan imeningkatkan ihasil ibelajar isiswa ipada imata ipelajaran iIPAS

Published
2024-12-18
How to Cite
JAYANA, Siti; BRAMANTHA, Heldie; PRATIWI, Vidya. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI METODE BERBASIS MASALAH (PBL) DI KELAS V SN PLALANGAN. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 167-174, dec. 2024. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/5667>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v15i2.5667.