MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA DENGAN METODE FUN LEARNING

  • Nabilla Soraya Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Febri Fajar Pratama Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Hatma Heris Mahendra Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam materi hak dan kewajiban sebagai peserta didik dan anggota keluarga. Maka, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) siswa pada materi hak dan kewajiban sebagai peserta didik dan anggota keluarga dengan menggunakan metode fun learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di kelas IV SD Yayasan Islam Tasikmalaya dengan jumlah subjek sebanyak 18 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan. Metode fun learning dalam penelitian ini memasukkan pembelajaran dengan bernyanyi dan bermain. Pada tahap pra tindakan, persentase ketuntasan siswa adalah 55,56%, yang meningkat menjadi 72,22% pada siklus I, dan terjadi peningkatan lagi menjadi 88,89% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 16,67%. Dengan demikian, metode fun learning dikatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

References

Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).
Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Edusiana: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24-31.
Alwahidi, A. A., Sani, M. I., Dewi, A. M., Darmawangsa, S. S., Alawiyah, T. N. A., Rohimah, S., ... & Sukenti, K. (2021). Optimalisasi Minat Belajar Dengan Metode Fun Learning Pada Era New Normal di Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2).
Aprilia, R., Maharani, N. A., Sa’diah, M., Janah, E. U., & Puspita, A. M. I. (2023). Peran Hak Dan Kewajiban Warga Negara Dan Negara Di Sdn Lidah Wetan II. Civilia: Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(6), 179-189
Hasriadi, H. (2022). Strategi Pembelajaran. Bantul: Mata Kata Inspirasi
Hidayah, R., & Bakhtiar, A. M. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Fun Learning Untuk Menumbuhkan Semangat Siswa Kelas III UPT SDN 23 Gresik. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2156-2166.
Lubis, Y., & Sodeli, M. (2018). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Edisi revisi.
Mahendra, H. H., & Febriani, W. D. (2019). Pembelajaran Berbasis Pendidikan Humanistik Pada Mata Pelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 7-14.
Mufidah, E., & Sa’diyah, N. A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Fun Learning Dalam Pembelajaran Tematik. IBTIDA', 1(1), 49-60.
Nurma, A. (2021). Implementasi Metode Fun Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ski Di Tsanawiyah Al-Hikmah Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Pratama, F. F., & Mutia, D. (2020). Paradigma Kualitatif sebagai Landasan Berpikir Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 17(1), 51
Ramadhan, M. A. (2022, May 18). Metode Ceramah Untuk Pembelajaran. https://doi.org/10.31219/osf.io/zk7y4
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Tambak, S. (2015). Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 1-20.
Published
2024-12-18
How to Cite
SORAYA, Nabilla; PRATAMA, Febri Fajar; MAHENDRA, Hatma Heris. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA DENGAN METODE FUN LEARNING. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 183-195, dec. 2024. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/5658>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v15i2.5658.