PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ENERGI KELAS IV
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi Energi kelas IV SDN Pajang 3 Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan dalam 4 minggu. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Pajang 3 Surakarta dengan jumlah 18 peserta didik terdiri dari 11 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat yang awalnya pada pra siklus sebesar 28%, siklus I sebesar 72%, dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 17% menjadi 89%. Selanjutnya untuk hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai peserta didik pada pre tes yaitu 66,9 dengen persentase 28%, pada siklus I menjadi 77,5 dengan persentase 72% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,4 dengan persentase 89%. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi energi di SDN Pajang 3 Surakarta.
References
Agustina, D. W., & Fitrihidajati, H. (2020). Pengembangan Flipbook Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Submateri Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1), 325ā339. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/36757/32588.
Fatkhan. 2018. Pengertian dan Langkah-Langkah Model Problem Based Learning. https://fatkhan.web.id/pengertian-dan-langkah-langkah-model-problem-based-learning/. Diakses pada 21 Februari 2024 pukul 21:43.
Fauzani, Umi Azizah. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas V SD Negeri 8 Wonogiri. Jurnal Ilmiah.
Istawa, Badru Z. B., Hidayatul, M., (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Pada Peserta Didik Kelas 4 Di SD Negeri Mronjo 02. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar.
Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304ā1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284.
Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279.
Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335ā346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539.
Seibert, S. A. (2020). Problem-Based Learning: A Strategy to Foster Generation Zās Critical Thinking and Perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 000, 2-5. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.