PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 PANJI

  • Siti Nur Holifa Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Dodik Eko Yulianto Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Ach Munawi Husein Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

       Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang belum konsisten pada Mata Pelajaran IPAS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Di SD Muhammadiyah 1 Panji. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu. komunitas statistik untuk penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas lima Muhammadiyah satu Panji dengan sampel kelas V Shofa sebagai kelas Eksperimen yang menggunakan Model pembelajaran penemuan dan kelas V Arofah menjadi kelas kontrol yang menggunakan Model pembelajaran ceramah. sampel itu dilakukan secara acak. Data survei dikumpulkan dengan cara menguji hasil belajar siswa. Pernyataan sementara yang diajukan diuji dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dilatih dengan model pembelajaran Discovery learning dan hasil belajar siswa tanpa menggunakan model Pembelajaran Discovery Learning.

Published
2024-12-17
How to Cite
NUR HOLIFA, Siti; EKO YULIANTO, Dodik; MUNAWI HUSEIN, Ach. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 PANJI. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 153-159, dec. 2024. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/5638>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v15i2.5638.