PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 PANJI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang belum konsisten pada Mata Pelajaran IPAS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Di SD Muhammadiyah 1 Panji. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu. komunitas statistik untuk penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas lima Muhammadiyah satu Panji dengan sampel kelas V Shofa sebagai kelas Eksperimen yang menggunakan Model pembelajaran penemuan dan kelas V Arofah menjadi kelas kontrol yang menggunakan Model pembelajaran ceramah. sampel itu dilakukan secara acak. Data survei dikumpulkan dengan cara menguji hasil belajar siswa. Pernyataan sementara yang diajukan diuji dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dilatih dengan model pembelajaran Discovery learning dan hasil belajar siswa tanpa menggunakan model Pembelajaran Discovery Learning.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.