MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SURAH AL-FIIL MELALUI METODE JIBRIL MATA PELAJARAN AGAMA KELAS V SEMESTER 1 SD NEGERI 2 PANJI KIDUL TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • SUMIATI SUMIATI SD NEGERI 2 PANJI KIDUL SITUBONDO

Abstract

Seperti kasus pada SD Negeri 2 Panji Kidul Situbondo. Peneliti memperoleh hasil observasi peneliti bahwa kemampuan menghafal siswa masih rendah untuk surat juz amma di SD Negeri 2 Panji Kidul disebabkan siswa menghafal satu surat namun jika ditanyakan atau diulang kembali siswa lupa maka perlu adanya metode yang mampu memberikan solusi masalah tersebut. Dari 10 siswa terdapat 50% atau 5 siswa yang kurang mampu membaca surah Al-fiil. Hasil belajar hanya diukur dari tes.. Racangan penelitian PTK. Desain penelitian dengan 4 tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Analisis data deskriptif kualititatif. Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: penerapan Metode Jibril dalam meningkatkan kemampuan membaca surah Al-fiil mata pelajaran Agama kelas V Semester 1 SD Negeri 2 Panji Kidul tahun pelajaran 2017/2018 dan penerapan Metode Jibril dapat meningkatkan kemampuan membaca surah Al-fiil sebesar 22% mata pelajaran Agama kelas V Semester 1 SD Negeri 2 Panji Kidul tahun pelajaran 2017/2018.

References

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendektan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Bashori, Muhammad Alwi. 2004. Rahasia Do.a-Doa dalam al-Qur.an, Jakarta: Pustaka al-Mawardi
Daud, Mohammad Wan Nor Wan.2003. Filsafat Islam
dan Praktek Pendidikan Islam Seyd M. Naquib a-Attas, Bandung: Mizan
Hadari Nawawi. 2001. Metodologi Research. Bandung: Rosdakarya. Bandung
Hamim, Nur. 2005. Pendekatan Penelitian. Yogyakarta, Renika. Jilid III
Hobri. 2007. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jember: UPTD Balai Pengembangan Pendidikan BPP
Ibnu Khaldun. 2001. Fi Zhilalil Qur.an, terj. As.ad Yasin dkk, Jakarta: Gema Insani Press.
Ibn Katsir. 2000. Tafsir al-Qur.an al-.Adhim, jilid IV, Beirut: al-Maktabah al-.Ashriyah
Ibnu Sina. 2005. Riyadush Shalihin, Beirut: Dar al-Fikr.
Jazer Asp. 2003. Minhajul Qasidin, terj. Jakarta: Pustaka al-Kautsar.
Nasution, Noehi. 2006. Asas-asas Penilaian, Jakarta : Universitas Terbuka
Nawawi, Imam. 2005. Riyadush Shalihin, Beirut: Dar al-Fikr
Qutb, Sayyid. 2004. Fi Zhilalil Qur.an, terj. As.ad Yasin dkk, Jakarta: Gema Insani Press.
Syahidin. 1999. Metode Pendidikan Qur.ani Teori dan Aplikasi, Jakarta: CV Misaka Galiza.
Syaukani Muhammad bin Ali. 2000. Fathul Qadir, Beirut: Darul Ma.rifah.
Sudjana, Nana. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Uno, B, Hamzah. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta. Grasindo
Utsaimin, Muhammad. 2005. Syarah Riyadhus Shalihin, Jakarta: Darul Falah
Wahbah Zuhaili. 2002. Tafsir Munir fil Aqidah wasy Syariah wal Manhaj, Beirut: Dar al-Fikr.
Zuhairini. 2002. Filsafat Islam dan Praktek Pendidikan Islam Seyd M. Naquib a-Attas, Bandung: Mizan.
Published
2019-12-30
How to Cite
SUMIATI, SUMIATI. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SURAH AL-FIIL MELALUI METODE JIBRIL MATA PELAJARAN AGAMA KELAS V SEMESTER 1 SD NEGERI 2 PANJI KIDUL TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 150-164, dec. 2019. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/492>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.492.
Section
Articles