UJI KOMPETENSI PADA BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE)
Abstract
Evaluasi merupakan bagian dari proses belajar mengajar yang secara keseluruhan tidak dapat dipisahkan dari kegiatan mengajar. Dalam hubungannya dengan evaluasi dan proses belajar mengajar, diperlukan suatu buku penunjang pembelajaran Bahasa Indonesia yang didalamnya terdapat evaluasi yang tepat. Buku Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk Kelas XI SMA/MA Program IPA dan IPS merupakan buku pegangan siswa dan guru yang diterbitkan oleh pemerintah melalui media internet yang disebut dengan Buku Sekolah Elektronik (BSE). Buku tersebut bisa diakses oleh pendidik dan pelajar di seluruh Indonesia karena dapat diperoleh secara mudah melalui internet. Berdasarkan hasil penelitian Bentuk tes soal uji kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) ditemukan semua soal berbentuk tes objektif berjenis pilihan ganda. Berdasarkan struktur soalnya, soal uji kompetensi tersebut digolongkan menjadi 4, yaitu (1) pertanyaan langsung-daftar pilihan terdapat 25 soal, (2) pernyataan tidak lengkap-daftar pilihan terdapat 19 soal, (3) teks-penyataan tidak lengkap-daftar pilihan terdapat 6 soal, dan (4) perintah-teks-pernyataan tidak lengkap-daftar pilihan terdapat 30 soal. Tingkat kognitif soal uji kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) dilihat berdasarkan teori Bloom ditemukan tingkat pengetahuan (C1) terdapat 8 butir soal dengan persentase 14 %, tingkat pemahaman (C2) terdapat 22 bitir soal dengan persentase 38%, tingkat penerapan (C3) terdapat 10 butir soal dengan persentase 18%, tingkat analisis (C4) terdapat 16 butir soal dengan persentase 27%, tingkat sintesis (C5) terdapat 2 butir soal dengan persentase 3% dan tidak ditemukan soal dengan tingkat evaluasi(C6) dengan persentase 0% dengan sajian soal berbentuk kalimat deklaratif dan interogatif