PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KOPETENSI MENGGOLONGKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA MELALUI MEDIA

  • Tamat Tamat

Abstract

Berdasarkan hasil identifikasi masalah yang peneliti lakukan setelah melaksanakan pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Wringinagung 04 Kec. Jombang tentang menggolongkan hewan berdasar jenis makanannya yakni, hasilnya tidak memuaskan, pembelajaran berpusat pada guru, , penggunaan media pembelajaran tidak efektif dan hasil evaluasi dengan rata-rata nilai 5,29.
Kehadiran Flash Card dalam pembelajaran IPA akan lebih mempermudah bagi guru dalam menyampaikan materi yang akan diajarkan kepada siswa.
Langkah-langkah persiapan yang telah direncanakan untuk pelaksanaan penelitian berjalan sesuai dengan rencana, dari mulai pembuatan Rencana Penelitian sampai pembuatan instrumen yaitu lembar observasi untuk rencana pelajaran, lembar observasi untuk aktivitas guru dalam mengajar dan lembar observasi untuk kegiatan siswa dalam belajar, telah berhasil menjaring data sebagai hasil penelitian.
Pelaksanaan pembelajaran tentang kopetensi menggolongkan hewan berdasar makanannya, berjalan sesuai dengan skenario yang dilaksanakan 2 siklus, dan telah berhasil meningkatkan belajar yang kondusif yakni meningkatkan hasil belajar IPA yang semula dianggap sulit.Tingkat pemahaman siswa tentang perubahan benda setelah pembelajaran menggunakan flash card dapat meningkat dengan baik, ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yaitu pada siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 5,29 dan pada siklus ke 2 memperoleh nilai rata-rata 8,12.

Published
2019-12-29
How to Cite
TAMAT, Tamat. PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KOPETENSI MENGGOLONGKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA MELALUI MEDIA. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 98-109, dec. 2019. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/476>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.476.
Section
Articles