PENERAPAN STRATEGI EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN BANTUAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI PERISTIWA ALAM UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEMESTER II SDN 4 PATOKAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Materi pelajaran yang disampaikan guru kepada siswa seharusnya senantiasa diingat agar siswa nantinya siap menghadapi ujian kenaikan kelas yang mau tidak mau akan mereka hadapi. Seorang guru harus mencari cara atau strategi untuk membangkitkan ingatan siswa terhadap segala materi yang sudah pernah diterimanya dalam proses pembelajaran. Pembelajaran adalah proses yang dapat mempengaruhi perubahan dari segi perilaku dan cara berfikir pada diri manusia yang dapat ditingkatkan. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi Example Non Example. Example Non Example adalah strategi yang dapat digunakan untuk mengajarkan definisi konsep. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak 2 siklus. Sasaran penelitian adalah siswa kelas V semester II di SD Negeri 4 Patokan Situbondo. Data yang diperoleh berupa hasil Tugas kelompok, tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar dari siklus I menuju siklus II, yaitu masing-masing 71,43% dan 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi Example Non Example dengan bantuan media gambar dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi peristiwa alam kelas V semester II di SD Negeri 4 Patokan Situbondo.