PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN 060971 MEDAN T.A 2023/2024

  • Grecella Pebrianty Sembiring Universitas Negeri Medan
  • Elvi Mailani Universitas Negeri Medan

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar matematika pada materi luas persegi dan persegi panjang kelas IV SDN 060971 Medan T.A 2023/2024. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, sedangkan pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian Quasi Experimen. Hasil penelitian dapat dilihat pada saat peneliti memberikan soal pretest kepada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, skor rata-rata pretest pada kelas eksperimen adalah 60 dan kelas kontrol adalah 58,64. Setelah kedua kelas diberikan perlakuan secara berbeda, selanjutnya kedua kelas diberikan soal posttest. Berdasarkan hasil posttest terlihat bahwa skor rata-rata posttest yang diperoleh kelas eksperimen 84,04 sedangkan pada kelas kontrol 68,64. Sedangkan dengan membandingkan skor rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen diketahui skor rata-rata hasil belajar kelas eksperimen meningkat 24,04, sedangkan skor rata-rata hasil belajar kelas kontrol meningkat sebanyak 10. Berdasarkan uji normalitas pada penelitian ini diketahui bahwa seluruh data dalam penelitian ini, diketahui bahwa data pretest dan posttest baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol berdistribusi normal, selanjutnya uji homogenitas menunjukkan nilai 0,837> 0,05 atau data pada penelitian ini tergolong homogen. Selanjutnya peneliti melakukan uji hipotesis menggunakan independent sampel t-test karena data pada penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t menunjukan bahwa thitung > ttabel (6,466 > 2,013) atau H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran SAVI dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 060971 Medan T.A 2023/2024.

References

Budiyanti, & Khairnnisa. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Melalui Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intelectualy (SAVI) Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas V Mi Mifftahul Huda Kota Bekasi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2).
Fajri, & Hade. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia. 1–3.
Gita. (2021). Jurnal Ilmiah Pedagogy Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah Jurnal Ilmiah Pedagogy. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(20).
Indrayani, & Naeklan. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary School Journal, 13(3).
Lottung. (2021). Memahami Tentang Model, Strategi, Metode, Pendekatan, Teknik, Dan Taktik. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1).
Mailani, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika Kelas Rendah Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. ESJ (Elementary School Journal), 10(4).
Marlina, & Sholeum. (2021). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Frasa. Jurnal Kelimuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1).
Mesra, P., & Kuntarto, E. (2021). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3).
Numayani. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas V Sd Negeri 054938 Kab. Langkat. School Education Journal, 8(1), 35–47.
Tarigan, D., Rangkuti, I., & Siregar, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Realistic Mathematics Education (Rme) Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V Sds Salsa Cinta Rakyat. Elementary School Journal, 8(4).
Widiastuti, & Siti. (2023). Matematika dan Berpikir Kritis di Era Global. Gunung Djati Conference Series, 32.
Published
2024-06-23
How to Cite
SEMBIRING, Grecella Pebrianty; MAILANI, Elvi. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN 060971 MEDAN T.A 2023/2024. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 76-94, june 2024. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/4581>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v15i1.4581.
Section
Articles