UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA SAMA KELAS 1A SD KRISTEN 04 SALATIGA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)

  • Monica Synthia Oktaviani Universitas Kristen Satya Wacana
  • Wahyudi Wahyudi Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan salah satu keterampilan Abad 21 yaitu keterampilan kerja sama pada siswa.  Penelitian ini menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keterampilan kerja sama pada siswa. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa Kelas 1 SD Kristen 04 Salatiga. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Team Games Tournament mampu meningkatkan keterampilan kerja sama pada siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi yang sudah di lakukan mendapatkan hasil Pada tahap pra siklus didapatkan hasil Yang sebelumnya ada tahap pra siklus 14 % siswa dengan kerja sama tinggi, 24% siswa dengan keterampilan kerja sama cukup dan 61% siswa dengan keterampilan kerja sama rendah, pada tahap 1 didapatkan hasil 24% siswa yang memiliki keterampilan tinggi, 43% siswa dengan keterampilan kerja sama cukup dan 33% siswa dengan kerja sama rendah. Dan pada tahap yang ketiga 71% siswa sudah memiliki keterampilan kerja sama yang sangat tinggi, 19% siswa dengan kerja sama yang tinggi dan 10% siswqa dengan kerja sama yang cukup. Sehingga terjadi peningkatan pada keterampilan kerja sama siswa.

References

Aisyah, H., & Syafi, M. A. S. (2022). Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca dengan Media Kartu Huruf Berwarna Kelas I MI Al-Hidayah Kebraon Surabaya. Tarbawiyat, 1(01), 29-36
Handini, D., Gusrayani, D., & Panjaitan, R. L. (2016). Penerapan model contextual teaching and learning meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi gaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 451-460.
Latief, A. (2023). Peranan pentingnya lingkungan belajar bagi anak. Jurnal Kependidikan, 7(2), 61-66.
Mahyuddin, M. J. (2016). Model bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran untuk meningkatkan keterampilan sosial. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(1), 1. https://doi.org/10.26858/jpkk.v2i1.2065
Mawardi. (2014). Model Desain Pembelajaran Kosep Dasar PKn Berbasis Belajar Mandiri Menggunakan Moodle. widya sari pres
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 24 TAHUN 2016, Undang-undang No.20 tahun 2003 Bab 1 Pasal 1
Safarina, E. I. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif TGT terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari kemampuan kerja sama. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 32-37.
Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 6(1).
Published
2024-06-20
How to Cite
OKTAVIANI, Monica Synthia; WAHYUDI, Wahyudi. UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA SAMA KELAS 1A SD KRISTEN 04 SALATIGA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 68-75, june 2024. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/4566>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v15i1.4566.
Section
Articles