STUDI LITERATUR PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE

  • Ezra Natalina Simarmata Universitas Negeri Jakarta
  • Endang M. Kurnianti Universitas Negeri Jakarta
  • Uswatun Hasanah Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan guna mengkaji tentang peningkatan keterampilan komunikasi siswa sekolah dasar melalui model pembelajaran Think Pair Share. Dalam pembelajaran TPS langkah-langkah pembelajaran dibagi menjadi tahap berpikir (think), tahap diskusi berpasangan (pair), dan tahap memaparkan hasil diskusi (share). Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah studi literatur yang merupakan studi yang pengumpulan data dan informasi dengan bantuan dari beragam macam sumber seperti buku, artikel, majalah, dan sebagainya yang berguna untuk pemecahan masalah yang akan diteliti. Pencarian literatur dilakukan dengan mengakses google scholar dan jurnal dengan indeks sinta 3 sampai 5. Pembahasan dalam atikel ini adalah berdasarkan informasi melalui 6 (enam) artikel peningkatan keterampilan komunikasi siswa sekolah dasar melalui model pembelajaran TPS. Ditemukan bahwa keterampilan komunikasi siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran Think Pair Share. Maka dari itu, diharapkan dengan adanya model pembelajaran Think Pair Share dapat memberikan solusi kepada pendidik dalam proses pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan komunikasi siswa.

References

Amaliyah, N., Fatimah, W., & Abustang, P. B. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Ips. Satya Widya, 35(2), 126–139. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p126-139
Ariska, C., MZ, Z. A., & Bakhtiar, N. (2022). Pengaruh Model Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V Sdn 61 Dan Min 3 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 403. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8827
Azizah, A. A. M., & Mashar, A. (2021). Analisis Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III Sekolah Dasar. JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues), 1(2), 54–64. https://doi.org/10.22515/jenius.v1i2.3329
Azzahra, F., Satibi, O., & Hasanah, U. (2023). Pengaruh metode pq4r terhadap kemampuan berkomunikasi siswa pada muatan bahasa indonesia kelas iv sekolah dasar. 211–217.
Budiono, H., & Abdurrohim, M. (2020). Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi (Communication) Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Teratai. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 119. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.589
Faudzan, N. F., Mudrikah, A., & Rahman, S. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik dan Respon Peserta Didik terhadap Pembelajaran Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 442–454. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1705
Hadinniyanti, R., Rokayah, & Santoso, A. (2023). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 5 Cibadak. 08(September).
Hutapea, R. H. (2019). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(2), 151–165. https://doi.org/10.34307/b.v2i2.94
Kamil, V. R., Arief, D., Miaz, Y., & Rifma, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Belajar Siswa Kelas VI. Jurnal Basicedu, 5(6), 6025–6033. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1744
Lestari, E. P. (2023). Model Pembelajaran Think Pair Share Solusi Menumbuhkan Keberanian Berpendapat (M. Hidayat & Miskadi (eds.)). Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28.
Naza, D. R. K. (2021). Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Menggunakan Model Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Ular Tangga. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(3), 28–35. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i3.6598
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish.
Octaviansyah, A., Priyono, H., Nata, A., Informasi, S., Komputer, F. I., & Satya, U. I. (2023). Pelatihan & Penerapan Keterampilan Komunikasi Asertif dilingkungan Siswa SMKS 11 PGRI Serpong. Journal of Human And Education, 4(1), 643–649.
Rianingsih, D., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tps (Think Pair Share) Dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas 3. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 339–346. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.394
Sani, R. A. (2022). Penilaian Autentik (R. D. Aningtyas (ed.)). BumiAksara.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2020). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015
Suhirman. (2018). Konsep dan Implementasi Penelitian Pembelajaran Kooperatif (Sukmawati (ed.)). Samudra Biru.
Tambunan, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teknik Think-Pair-Share Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jjpm.v11i2.28180
U’la, I. D., Murtono, M., & Ulya, H. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 51–58. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2253
Widodo, S., & Wardani, R. K. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C ( Communication , Collaboration , Critical Thinking and Problem Solving , Creativity and Innovation ). 7(September), 185–197.
Zain, B. P., & Ahmad, R. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.
Published
2024-06-16
How to Cite
SIMARMATA, Ezra Natalina; KURNIANTI, Endang M.; HASANAH, Uswatun. STUDI LITERATUR PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 35-46, june 2024. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/4559>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v15i1.4559.
Section
Articles