UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MELALUI INTERAKSI DAN NILAI KERJASAMA ANTAR SISWA DALAM PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD SISWA KELAS 4

  • Yoga Indra Prasetya Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Meggy Novitasari Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap pencapaian akademik siswa kelas 4 di SDN Kleco 1 selama tahun ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 29 siswa. Penelitian fokus pada prestasi belajar siswa sebagai objeknya. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan berbagai teknik seperti observasi, tes, angket, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ditetapkan berdasarkan peningkatan nilai rata-rata tes dan peningkatan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berdampak positif terhadap prestasi belajar siswa. Terlihat adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar dari siklus I (68,42%) ke siklus II (81,58%), meskipun masih belum mencapai target yang diinginkan sebesar 85%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila.

References

Ahmad, F., & Mustika, D. (2021). Problematika Guru Dalam Menerapkan Media pada Pembelajaran Kelas Rendah Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2008–2014. Retrieved from https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1056.
Anwar, Y., Ananda, A., & Montessori, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan SAVI dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Basicedu, 6(4), 7433–7445.
Ariesca, Y., Dewi, N. K., & Setiawan, H. (2021). Analisis Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Berbasis Online Di Sdn Se-Kecamatan Maluk. Progres Pendidikan, 2(1), 20–25. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.86
Aseany, L. K. A. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(November), 450–460. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681260
Emi. (2022). Application Of Stad Cooperative Learning Model To Increase Students ’ Learning. Progres Pendidikan, 3(1), 24–32. https://doi.org/10.29303/prospek.v3i1.197
Esminarto, Sukowati, Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi Model Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siwa. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 16–23.
Fahik, M. (2023). Penerapan Metode Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Malaka Barat Tahun Pelajaran 2022 / 2023. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya (Mateandrau), 2(1).
Hermayanti, M., Rondli, W. S., & Riswari, L. A. (2023). Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Pembelajaran Stad Berbantuan Media Roda Putar Pada Siswa Kelas IV. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01).
Miranty, A. A., Harjono, A., & Jaelani, A. K. (2020). Model, Pengaruh Kooperatif, Pembelajaran. Progres Pendidikan, 1, 42–51.
Noviana, E., & Huda, M. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas IV. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7(2), 204–210.
Siregar, M. (2015). Paya Meningkatkan Hasil Belajar Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Komperatif Tife Stad Pada Konpensi Dasar Mendeskrifsikan Hakikat Demokrasi Kelas VIII SMP Negeri 3 Montong Tahun Pelajaran 2014/2015. Kajian: Pembelajaran PPKn, 1(1), 25–38.
Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1–8.
Sumandya, I. W., & Widana, I. W. (2019). Pengembangan skenario pembelajaran matematika berbasis vokasional untuk siswa kelas XI SMK. AKSIOMA. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 244–253. Retrieved from doi: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4704
Suttrisno, S., & Prastiwi, D. N. I. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONPLUSDI MADRASAH IBTIDAIYAH. SITTAH: Journal of Primary Education, 1–12.
Wirta, I. M. (2021). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ppkn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievement Division ( Stad ). Indonesian Journal of Educational Development, 1, 716–725. https://doi.org/10.5281/zenodo.4562076
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division ) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda, 4(1).
Published
2024-06-15
How to Cite
PRASETYA, Yoga Indra; NOVITASARI, Meggy. UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MELALUI INTERAKSI DAN NILAI KERJASAMA ANTAR SISWA DALAM PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD SISWA KELAS 4. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 25-34, june 2024. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/4555>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v15i1.4555.
Section
Articles