PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Tsaltsa Nur Fajriah Universitas Negeri Jakarta
  • Juhana Sakmal Universitas Negeri Jakarta
  • Engga Dallion Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran kolaboratif STAD diterapkan pada pengembangan hasil belajar sains untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan tinjauan literatur sebagai teknik pengumpulan data. Data dikumpulkan dengan mengumpulkan informasi mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif STAD terhadap hasil belajar IPA. Dari analisis data, disimpulkan bahwa model pembelajaran kolaboratif STAD berkontribusi dalam hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran IPA, dan cocok untuk digunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

References

Chasanah, F., & Sulistyorini, S. (2020). Keefektifan Model Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Video Pembelajaran Pada Hasil Belajar IPA. Joyful Learning Journal, 9(3), 177-183.
Damayanti, I. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. JPGSD, 2(3).
Hasrat. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Ilmiah Binaedukasi, 12(2), 31-41.
Insiyah, L. W., & Bukmana, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Plotagon Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2), 133-149.
Johanis, C. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V SD GMIST Zaitun Lapepahe. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 98-102.
Kusuma, M., & Abduh, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(4), 1855-1861.
Pardiyana. (2020). The Cooperative Learning Model with STAD Type to Improve Science Learning Outcomes of Class IV Elementary School Students. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2(2), 87-90.
Sanjaya, W. P., Putra, N. S., & Ardana, I. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model STAD Berbantuan Media Mind Mapping meningkatan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 191-202.
Sudana, I. A., & Wesnawa, I. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. UNDIKSHA: Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1-8.
Sumilat, J. M., & Matutu, V. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievemen Divisions) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 865 - 870.
Tanjung, R., Supandi, & Abdillah, A. (2020). Model Cooperative Learning Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Sub Pokok Bahasan Jenis-Jenis Tanah. Jurnal Tahsinia (Jurnal Karya Umum dan Ilmiah), 169-180.
Yanti, N. L. M. S. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Educative Games Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Kelas IV Di Gugus IV Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 90–99.
Wulandari, E., Hasanah, D., & Marzuki. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di SD Negeri Brosot. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1650-1660.
Astuti, N. kadek S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbasis Concept Song Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Budi Utomo Denpasar Timur Tahun Ajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).
Kosasih. (2018). Strategi Belajar Dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Yrama
Widya.
Tohari, E. R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Melalui Permainan Tulis Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jenis-Jenis Usaha Ekonomi. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).
Hadinata, L. W., Utaya, S., & Setyosari, P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Student Team Achievement Division Dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas Iv SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 979–985.
Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdikarya.
Julianto, Suprayitno, dkk. (2011). Teori dan Implementasi model-model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: UNESA
Slavin, Robert E. (2008). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Marheni, N. L. G. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS kelas V SD No. 8 Padangsambian Denpasar. MIMBAR PGSD Ejournal Undiksha, 1(1).
Sudjana, N. Dan Ibrahim. (2010). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Isjoni. (2011). Cooperative learning: Mengembangkan kemampuan belajar berkelompok. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sudana, I. P. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178.
Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, Psikomotorik. Jakarta: Rajawali Pers.
Abdurrahman, M. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Olinan, R. M. (2017). Dari Motivasi Belajar Siswa (Effect of Student Teams Achievement Division on Learning Results Reviewed From Student Learning Motivation ). Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(2).
Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Ibrahim. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Savira, A., & Rudy, G. (2022). Pengaruh Media Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5454-5460.
Published
2024-06-14
How to Cite
NUR FAJRIAH, Tsaltsa; SAKMAL, Juhana; DALLION, Engga. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 1-14, june 2024. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/4544>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v15i1.4544.
Section
Articles