UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MATERI SIMBOL PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING KELAS II

  • Arya Aqshal Prasetya Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ratih Puspita Dewi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pajang 3 Surakarta. Penelitian menggunakan PTK dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana terdapat empat kali pertemuan pada tiap siklusnya. Setiap siklus terdiri tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian peserta didik kelas II pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi simbol Pancasila dengan jumlah 28 peserta didik. Sumber data diperoleh dari guru dan peserta didik melalui observasi, tes evaluasi, dan kajian dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai KKM (tuntas) dari pra siklus sampai siklus II. Ketuntasan hasil belajara pra siklus sebesar 46%, siklus I 71% dan siklus II 86%. Hasil ini menunjukan bahwa model pembelajaran Project Based Learning sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II.


Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar, Peserta didik, Pendidikan Pancasila

References

Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning ( PBL ) Approach as a Way to Engage Students in Learning. Journal Sagepub., 10(3). https://doi.org/10.1177/2158244020938702
Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Azizah, A. N., & Wardani, N. S. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Learning Siswa Kelas V SD. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 194–204.
Dakhi, A. S., & Selatan, N. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia (2020) 1(3) 350-361, 8(2), 468–470.
Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19451
Fahadah, S. E., Lutfiya, F., Universitas, P., & Semarang, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SDN SIdorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Profesi Keguruan, 7(2), 198–208.
Jagantara, I. M. W., Adnyana, P. B., Luh, N., Manik, P., Studi, P., Ipa, P., & Pascasarjana, P. (2014). ( Project Based Learning ) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4(3).
Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning ( PJBL ). E-Journal Undiksha, 25(1), 1–10.
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu dan Minat Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 3(2), 115–125.
Nanda, I., Sayfullah, H., Pohan, R., Windariyah, D. S., Mulasi, S., Warlizasusi, J., Hurit, R. U., Arianto, D., Wahab, A., Aini, A. N., Gede, D., Rai, A., Editor, B., & Prasetyo, A. H. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif (A. H. Prasetyo (ed.)). CV. Adanu Abimata.
Natty, R. A., Kristin, F., Anugraheni, I., Kristen, U., Wacana, S., & Tengah, J. (2019). Peningkatan Kreatifitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Projrct Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092.
Nurrita, T. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.
Poerwati, C. E., & Cahaya, I. M. E. (2018). Project-Based Drawing Activities in Improving Social-Emotional Skills of Early Childhood. Jurnal Obsesi, 2(2), 183–193. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.114
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SDN Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703
Widiastutik, D., Fajriyah, K., & Purnamasari, V. (2023). Penerapan Model PjBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Tlogosari Kulon 01. Jurnal Pendidikan Tambusai (, 7, 4090–4096.
Published
2024-06-16
How to Cite
PRASETYA, Arya Aqshal; DEWI, Ratih Puspita. UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MATERI SIMBOL PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING KELAS II. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 47-56, june 2024. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/4258>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v15i1.4258.
Section
Articles