PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS VI SD

  • Adji Muhammad Nur Rifai Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Meggy Novitasari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Dwi Fuji My Stiyani Sekolah Dasar Negeri Kleco 1

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dengan tujuan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah guna meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pada materi Pendidikan Pancasila tentang kebudayaan di Indonesia untuk siswa kelas VI di SDN Kleco 1. Subjek penelitian ini peserta didik kelas VI D SDN Kleco 1 berjumlah 13 laki-laki dan 14 perempuan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Penelitian ini menngunakan empat tahapan setiap siklusnya, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah efektif sebagai variasi dalam proses pembelajaran, yang terbukti meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa di Kelas VI D. Model pembelajaran problem based learning sebelumnya tidak diterapkan pada pembelajaran terdapat kekurangan motivasi dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik, namun setelah menerapkan model pembelajaran problem based learning, terjadi peningkatan signifikan dalam motivasi dan prestasi belajar mereka.

References

Aisah, R. N., Masfuah, S., & Rondli, W. S. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar PPKn di SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 671-685.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 4(1), 80-86.
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary:Jurnal Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, 7(1), 40-47.
Hapsari, D. I., & Airlanda, G. S. (2018). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 154-161.
Hidayati, N., Mulyawati, Y., & Santa, S. (2023). Pengaruh Penerapan Model PBL Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Tema 8 Subtema 2. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 6(1), 97-105.
Hidayatin, S., Verawati, N. N. S. P., Susilawati, S., & Syahrial, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Materi Momentum dan Impuls Kelas X. Jurnal
Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 663-671.
Hikmi, R., Hasanah, F., & Sutiani, A. (2019, February). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Media Audio Visual dan Laboratorium Riil Materi Asam Basa Terhadap Hasil Belajar. In Talenta Conference Series: Science and Technology (ST) (Vol. 2, No. 1, pp. 289-292).
Mahardhika, A. C., Gembong, S., & Yanto, E. N. A. (2023). Efektivitas pembelajaran pendidikan pancasila dengan model pembelajaran tebak kata ditinjau dari motivasi belajar siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 1190-1197.
Palupi, I. M. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Multimedia pada Siswa Kelas VIII B Smp Negeri 2 Juwiring. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 8(1), 199-208.
Priyanti, N. M. I., & Nurhayati, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta

Didik. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 96-101.
Puspitasari, Y., Surur, M., & Nadiyah, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Biologi Dasar pada Materi Sistem Gerak pada Manusia. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 14(2), 154-160.
Raharjo, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Berbantu Media Youtube. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 4(1), 1–23.
Rahmawati, R., & Damayani, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model PBL Berbantuan Media Papan Pobi Kelas IV SD. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 7(1), 17-24.
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila:Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia.Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086.
Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway Xvi. Bina Gogik, 7(1), 53–65.
Setyoningsih, S., Rahmawati, N., & Martatik, M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Jam Pecahan terhadap Hasil Belajar Siswa. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 7(1), 25-32.
Soraya, Z. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 74-81.
Suwindo, S. W., & Binggo, F. H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Kelas Iv SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 14(2), 46-59.
Yuliani Hera Rahmadewi, A. Y. U., Shobron, S., & Eko Supriyanto, M. H. (2021). Inovasi Kurikulum Tahfidz Program Internasional dan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Mengembangkan Sekolah Unggulan Di SD Al Abidin Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Published
2024-06-27
How to Cite
NUR RIFAI, Adji Muhammad; NOVITASARI, Meggy; STIYANI, Dwi Fuji My. PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS VI SD. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 95-105, june 2024. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/4255>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v15i1.4255.
Section
Articles