DESKRIPSI KETERAMPILAN VARIASI MENGAJAR GURU PADA PEMBELAJARAN DI SD MUHAMMADIYAH 1 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan variasi mengajar guru pada pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang berasal dari data primer dan data sekunder. Adapun dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data melalui pengumpulan data, analisis data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan variasi mengajar guru pada pembelajaran di SD Muhammadiyah 1 Limboto Kabupaten Gorontalo bahwa meliputi keterampilan variasi mengajar diantaranya: Variasi gaya mengajar meliputi, suara, memusatkan perhatian, membuat kesenyapan, mengadakan kontak pandang, gerakan badan dan mimik, Variasi media audio visual, dan Variasi interkasi pada pembelajaran. Direkomendasi agar guru memberikan variasi mengajar, agar siswa semangat dalam menerima pembelajaran.
Kata Kunci: Keterampilan Variasi, Guru, Pembelajaran SD.
References
Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Marno dan M Idris. Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar, (Yogyakarta: Ar- Ruzz Media, 2017), hlm. 142.
Daradjat, Zakiah. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta, 12 September 2012. http://www.google.com/pendidikanan akusiadini, diunduh tanggal 25 November 2015
Fuad Arasyam. 2008. Metodologi Penelitian. Pustaka Pelajar : Jogjakarta
Hoirul Uyun. Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Muaro Jambi.Skripsi. Diakses pada bulan Janauri 2023
Jumriah, Haedar Akib, & Muhammad Darwis. Disiplin Kerja Guru Dalam Melaksanakan Tugas Pembelajaran di Sekolah Menengah Keguruan Negeri 1 Baru. Skripsi. Diakses pada bulan Januari 2023
Kompri. 2019. Manajemen Sekolah Orientasi Kemandirian Kepala Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sugiyanto, Anies Listyowati, 2014. Finger Painting. Jakarta: Erlangga