PENINGKATAN LOYALITAS KARYAWAN DENGAN MENERAPKAN GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS STIB BANYUWANGI
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang sering terjadi dilapangan terutama dalam kurangnya loyalitas karyawan, staff, dan lain-lain didunia pekerjaan yang disebabkan oleh pola kepemimpinan, sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja pada indicator loyalitas karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan sekolah (PTS) dengan sampel penelitian seluruh karyawan, staff, dan dosen dilingkungan sekolah tinggi islam blambangan banyuwangi (STIB) yang berjumlah 25 orang pada semester ganjil tahun akademik 2023/2024 dengan analisis data menggunakan indicator pencapaikan kompetensi. Adapun hasil dari penelitian ini terdapat peningkatan kinerja pada indicator loyalitas karyawan, staff, dan dosen STIB dengan nilai siklus pertama terdapat empat karyawan yang masuk dalam kategori berkembang sangat baik (4), sedangkan pada siklus kedua sebanyak 14 karyawan mendapatkan kategori loyalitas berkembang sangat baik (4) sedangkan sisanya mendapatkan loyalitas berkembagn sesuai harapan.
References
Arifiani, B. F. (2022). Kepemimpinan Demokratis dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Tenaga Kependidikan Fakultas Agama Islam ( FAI ) d i Universitas Hasyim Asy ’ ari Tebuireng Jombang. 5(November), 61–74.
Arikunto, S. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (p. 301). Bumi Aksara.
Gumiandari, S. (2013). Komitmen Pimpinan dalam Pelaksanaan Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi. Holistik, 14(02), 27–56.
Kurnia, E., & Dkk. (2018). Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja Guru Terhadap Loyalitas Guru Di Sekolah Sma Negeri 10 Samarinda Sebrang, Kalimantan Timur. Motivasi, 6(1), 60-71.
Markhaban. haya. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru SDI Puspa Bangsa. 1(6).
Rohmah, N. (2020). Kepemimpinan Pendidikan dalam Pengembangan Budaya Kerja Dosen di Perguruan Tinggi. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 5(1), 15–32. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v5i1.430
Sa’odah, S., Maftuh, B., & Sapriya, S. (2021). Model Resolusi Konflik Membangun Kemampuan Penyelesaian Konflik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(2), 172–178. https://doi.org/10.31949/jcp.v7i2.2881
Siri, A. H. (2015). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING KELAS X MA NURUN NAJAH. Unnes Physics Education Journal, 4(1), 26–31.
Siti Nur Aisah. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan. Bulletin of Management and Business, 1(2), 42–50. https://doi.org/10.31328/bmb.v1i2.100
Wapa, A. (2020). Influence of Creative Problem Solving To Study Result Social Sciences Study As Reviewed From the Multicultural Attitude of Students Class V Elementary South Kuta. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 4(2), 160. https://doi.org/10.22460/pej.v4i2.1774
Wapa, A., Zahro, A. F., & Haya, H. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran TALINTAR Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Bersusun Siswa Kelas IV SD Negeri Pujerbaru 2 Kecamatan Maesan. Jurnal Penelitian IPTEKS, 7(1), 55–61. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PENELITIAN_IPTEKS/article/view/9060%0Ahttp://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PENELITIAN_IPTEKS/article/download/9060/4369
Zainudin, Z., & Samidi, S. (2022). Model Kepemimpinan Demokratis dan Kharismatik: Studi Kasus di MAN dan MA Qosim Al Hadi Semarang. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 8(1), 147–162. https://doi.org/10.18784/smart.v8i1.1586