ANALISIS PENGARUH PROMOSI DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT BPR SYARIAH SITUBONDO TAHUN 2023

  • Siti Irfa Iyetul M STKIP PGRI Situbondo
  • Dassucik Dassucik STKIP PGRI Situbondo
  • Lusi Endang Sri Darmawati STKIP PGRI Situbondo
  • Raudatul Jannah STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Saat ini globalisasi menyebabkan terjadi perubahan yang begitu cepat di dalam dunia bisnis, perubahan tersebut dilakukan agar tujuan organisasi dapat tetap bertahan dan bahkan dapat meningkatkan prestasi bisnisnya. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh promosi dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah pada PT BPR Syariah Situbondo Tahun 2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini untuk menguji pengaruh variabel X1 (promosi) dan X2 (kepuasan nasabah) terhadap Y (loyalitas nasabah). Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah dengan menggunakan random sampling, sampel yang di ambil hanya 100 orang dari nasabah Bank BPR Syariah Situbondo. Dari hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan rumus analisis variansi garis regresi menghasilkan Ry (1,2) empiric sebesar 0,322. Yang apabila dikonsultasikan dengan R-tabel dengan N sebanyak 100 responden dan taraf signifikansi 5% diperoleh 0,195 perhitungan tersebut dimaksudkan untuk membuktikan hipotesa kerja mayor dengan menggukan uji signifikansi. Dari hasil perhitungan analisis variansi garis regresi diperoleh Freg  sebesar 5,629  apabila dikonsultasikan dengan F tabel untuk db = 2 dan db = 97 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh 3,090. Dengan demikian dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan Freg lebih besar dari F-tabel. Berdasarkan analisa data dimuka, maka hipotesa kerja mayor yang berbunyi “ ada pengaruh promosi dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah.  Selanjutnya dalam efektifitas garis regresi dipreroleh sebesar 10,45 % %. Ini berarti sumbangan efektif dari keseluruhan prediktor promosi dan  loyalitas nasabah memberikan sumbangan sebesar 10,45%  dan variabel–variabel (faktor lain) yang tidak ikut di teliti sebesar 100% – 10,45% = 89,55 %. Sumbangan efektif (SE) prediktor (X1) promosi terhadap kriterium (Y) loyalitas nasabah 0,35 %, sumbangan efektif (SE) prediktor (X2) kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah  (Y) 10,11%, ini menunjukan kepuasan nasabah lebih berpengaruh terhadap loyalitas nasabah bila dibanding dengan promosi.

References

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : UNDIP.
Ghozali, Imam. 2015. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS
23. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Griffin, Jill, 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Erlangga, Jakarta.
Hasan, Ali. 2013. Marketing, Cetakan Pertama. Media Pressdindo Yogyakarta. Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen.Bandung:
ALFABETHA
Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga
. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2014), Principles of Marketin, 12th
Edition,Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip.2011. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta : Penerbit Salemba Empat
Kotler, Philip & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Latumaerisa, Julius R. 2011. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Salemba Empat. Jakarta Selatan.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.
. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta:Salemba Empat. Rangkuti, Freddy.2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus
Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ririn Tri Ratnasari, Mastuti H.Aksa .2011. Teori dan Kasus Manajeman Pemasaran Jasa. Edisi 1, Bogor : Ghalia Indonesia
Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. ed: I. Yogyakarta: Andi.
Santoso, Singgih. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sugiyono. 2016. MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran. Andi Offset. Yogyakarta.
. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. ANDI: Yogyakarta.
. Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2011). Service, Quality and Satisfaction (ed 3). Yogyakarta. Andi.
Addis Al Hazmi, Emma Yulianti. 2013. Peran Kualitas Jasa Pada Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Dan Niat Beralih Nasabah PT Pegadaian Di Surabaya. Journal of Business and Banking. 3 (2) : 165- 176.
Chusnul Rofiah. 2016. Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Di Bank Muamalat Jombang.
.ejournal.stiedewantara. 12 (1) : 68-85.
Fandi Sam Montolalu. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Pegadaian Cabang Manado Timur. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum. 2 (1) : 120-135.
I Gede Yogi Pramana. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabang Veteran Denpasar Bali. E-Jurnal Manajemen Unud. 5 (1) : 706-733.
Published
2023-12-30
How to Cite
IYETUL M, Siti Irfa et al. ANALISIS PENGARUH PROMOSI DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT BPR SYARIAH SITUBONDO TAHUN 2023. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 430-450, dec. 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/4058>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v14i2.4058.