PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MUZAY LABIEB CATERING DI DESA SUMBER PINANG KECAMATAN MLANDINGAN
Abstract
Dengan semakin pesatnya perkembangan dunia usaha serta semakin kompleksnya sistem perekonomian banyak perusahaan-perusahaan mengalami tantangan dalam menjual produknya di pasaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Muzay Labieb Catering di Desa Sumber Pinang Kecamatan Mlandingan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini untuk menguji pengaruh variabel X1 (kualitas produk) dan X2 (promosi) terhadap Y (keputusan pembelian). Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah dengan menggunakan random sampling, sampel yang di ambil hanya 50 orang dari konsumen Muzay Labieb Catering. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi ganda product moment dari pearson, dan didukung dengan bantuan program SPSS diatas didapat nilai r hitung sebesar 0,81. Jadi, terdapat pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian sebesar 0,81. Besar pengaruh kualitas produk dan promosi ditunjukkan oleh nilai R square sebesar 0,007. Hal ini menunjukkan bahwa presentase pengaruh variabel independent (kualitas produk dan promosi) terhadap kepuitusan pembelian adalah sebesar 7 % sedangkan sisanya sebesar 93 % dipengaruhi oleh faktor – faktor yang lain. Berdasarkan tabel diperoleh nilai Fhitung = 154 dengan signifikansi uji F sebesar 0,000. Nilai Fhitung selanjutnya dibandingkan dengan nilai F-tabel. F tabel = F = 3,02 Karena nilai F-hitung = 154 > 3,20 maka tolak H0 ditolak dan Ha di terima sehingga model regresi yang dihasilkan sesuai.
References
Adi Wibowo, E., Resawati, R., Dwiyanisa, A., & Megawati, I. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Majalah Bisnis & IPTEK, 15(2), 144–155. https://doi.org/10.55208/bistek.v15i2.269
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. 2(2).
Anggit, M. &. (2020). Populasi dan Sampel dalam Penelitian Kualitatif. 179–185.
Arsyam, M., & M. Yusuf Tahir. (2021). Ragam Jenis Penelitian dan Perspektif. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 37–47. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.17
Astuti, R., & Abdullah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Di Usaha Mikro Kecil Menengah. Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Di Usaha Mikro Kecil Menengah, 1(0118047804), 1–50.
Chang, J. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Sinar Global Sukses. Manajemen, Jurnal Ekonomi, 5(November), 94–101.
Dinawan, M. R. (2010). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Yamaha Mio PT Harpindo Jaya Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 09(3), 335–369.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fadillah, A., Salsabila, Y. N., & Daryanto, A. (2019). Marketing Strategy Analysis Kopi Arabika Specialty (Studi Kasus Pada Cv Frinsa Agrolestari). JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 5(1), 1–14. https://doi.org/10.34203/jimfe.v5i1.1324
Faozi, I., & Handayani, S. (2019). Analisa Keputusan Pembelian Yang Dipengaruhi Harga Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pada Pt Bina Pertiwi Semarang. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 47, 44–52.
Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–159. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46
Geofanny, E. (2020). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI (Studi Kasus: Bumi Kayom Langit Senja Coffee Salatiga). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 7(2), 441. https://doi.org/10.25157/jimag.v7i2.3485
Gulo, T., Suryati, L., & Ginting, R. S. I. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Fa. Banang Jaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(3), 545–558. https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i3.1508
Haque, M. G. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Berlian Multitama Di Jakarta. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Berlian Multitama Di Jakarta., 21(134), 31–38.
Igir, F. G., Tampi, J. R. E., & Taroreh, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 86–96.
Istoto, S., & Subagja, I. K. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Buah Melon PT Syafina Niaga. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(2), 1–16.
Laia, B. (2018). Pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen di ud. karunia abadi telukdalam kabupaten nias selatan skripsi.
Meidatuzzahra, D. (2019). Penerapan Accidental Sampling Untuk Mengetahui Prevalensi Akseptor Kontrasepsi Suntikan Terhadap Siklus Menstruasi. Avesina, 13(1), 9. https://e-
Mursid, M. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Bumi Aksara
Napitupulu, F. (2019). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Ramayana Lestari Sentosa. Kinerja, 16(1), 1–9.
NOVITA, D. (2020). Pengaruh Kualitas. Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Lem Kuning Lamtek(Studi Kasus Pada Konsumen Pt. Mitra Forindo Sejahtera), Tanggerang, Universitas Buddhi Dharma Tangerang.
Oscar, B., & Megantara, H. C. (2020). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Muslim Army. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 10(1), 1–12. www.kompas.com
Prasetya, K. Y. A. dkk. (2019). Faktor-faktor yang menentukan keputusan pembelian produk future culture di singaraja. Jurnal Manajemen, 5(2), 76–81.
Putri, R. S., Mahasiswa, I. S., Program, D., Administrasi, S., Fakultas, B., Sosial, I., Politik, I., Islam, U., & Email, R. (2015). 322503162. 1(2), 298–321.
Rakhman, A., & Rahayu, T. S. M. (1995). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Harga...(Akbar Dan Tri Septin). 1124, 10–19.
Razak, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk terhadap. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2), 7–8.
Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127–146. https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271
Saputri, S., Paseru, Y., Apriyani, R., Taryo, T., Kunci, K., Produk, K., & Pembelian, K. (2022). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Konsumen Di Ciputat. Jurnal Perkusi Pemasaran, Keuangan&Sumber Daya Manusia, 2(3), 367–374.
Tabrani. (2023). Perbedaan antara penelitian Kualitatif (Naturalistik) dan Penelitian Kuantitatif (Ilmiah) dalam barbagai Aspek. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 1349–1358.
Thompson, A. A., & Peteraf, M. A. (2016). Crafting and executing strategy: the quest for competitive advantage, concepts and readings. McGraw-Hill Education
Tjiptono, F. (2020). Pengertian Kualitas
Tjiptono, Fandy. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Aditya, R. B. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Air Minum Dalam Kemasan. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 17(1), 61. https://doi.org/10.33370/jmk.v17i1.382
Adi Wibowo, E., Resawati, R., Dwiyanisa, A., & Megawati, I. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Majalah Bisnis & IPTEK, 15(2), 144–155. https://doi.org/10.55208/bistek.v15i2.269
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. 2(2).
Anggit, M. &. (2020). Populasi dan Sampel dalam Penelitian Kualitatif. 179–185.
Arsyam, M., & M. Yusuf Tahir. (2021). Ragam Jenis Penelitian dan Perspektif. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 37–47. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.17
Astuti, R., & Abdullah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Di Usaha Mikro Kecil Menengah. Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Di Usaha Mikro Kecil Menengah, 1(0118047804), 1–50.
Chang, J. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Sinar Global Sukses. Manajemen, Jurnal Ekonomi, 5(November), 94–101.
Dinawan, M. R. (2010). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Yamaha Mio PT Harpindo Jaya Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 09(3), 335–369.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fadillah, A., Salsabila, Y. N., & Daryanto, A. (2019). Marketing Strategy Analysis Kopi Arabika Specialty (Studi Kasus Pada Cv Frinsa Agrolestari). JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 5(1), 1–14. https://doi.org/10.34203/jimfe.v5i1.1324
Faozi, I., & Handayani, S. (2019). Analisa Keputusan Pembelian Yang Dipengaruhi Harga Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pada Pt Bina Pertiwi Semarang. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 47, 44–52.
Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–159. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46
Geofanny, E. (2020). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI (Studi Kasus: Bumi Kayom Langit Senja Coffee Salatiga). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 7(2), 441. https://doi.org/10.25157/jimag.v7i2.3485
Gulo, T., Suryati, L., & Ginting, R. S. I. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Fa. Banang Jaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(3), 545–558. https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i3.1508
Haque, M. G. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Berlian Multitama Di Jakarta. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Berlian Multitama Di Jakarta., 21(134), 31–38.
Igir, F. G., Tampi, J. R. E., & Taroreh, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 86–96.
Istoto, S., & Subagja, I. K. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Buah Melon PT Syafina Niaga. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(2), 1–16.
Laia, B. (2018). Pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen di ud. karunia abadi telukdalam kabupaten nias selatan skripsi.
Meidatuzzahra, D. (2019). Penerapan Accidental Sampling Untuk Mengetahui Prevalensi Akseptor Kontrasepsi Suntikan Terhadap Siklus Menstruasi. Avesina, 13(1), 9. https://e-
Mursid, M. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Bumi Aksara
Napitupulu, F. (2019). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Ramayana Lestari Sentosa. Kinerja, 16(1), 1–9.
NOVITA, D. (2020). Pengaruh Kualitas. Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Lem Kuning Lamtek(Studi Kasus Pada Konsumen Pt. Mitra Forindo Sejahtera), Tanggerang, Universitas Buddhi Dharma Tangerang.
Oscar, B., & Megantara, H. C. (2020). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Muslim Army. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 10(1), 1–12. www.kompas.com
Prasetya, K. Y. A. dkk. (2019). Faktor-faktor yang menentukan keputusan pembelian produk future culture di singaraja. Jurnal Manajemen, 5(2), 76–81.
Putri, R. S., Mahasiswa, I. S., Program, D., Administrasi, S., Fakultas, B., Sosial, I., Politik, I., Islam, U., & Email, R. (2015). 322503162. 1(2), 298–321.
Rakhman, A., & Rahayu, T. S. M. (1995). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Harga...(Akbar Dan Tri Septin). 1124, 10–19.
Razak, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk terhadap. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2), 7–8.
Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127–146. https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271
Saputri, S., Paseru, Y., Apriyani, R., Taryo, T., Kunci, K., Produk, K., & Pembelian, K. (2022). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Konsumen Di Ciputat. Jurnal Perkusi Pemasaran, Keuangan&Sumber Daya Manusia, 2(3), 367–374.
Tabrani. (2023). Perbedaan antara penelitian Kualitatif (Naturalistik) dan Penelitian Kuantitatif (Ilmiah) dalam barbagai Aspek. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 1349–1358.
Thompson, A. A., & Peteraf, M. A. (2016). Crafting and executing strategy: the quest for competitive advantage, concepts and readings. McGraw-Hill Education
Tjiptono, F. (2020). Pengertian Kualitas
Tjiptono, Fandy. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta. Andi.