PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK BPR SYARIAH SITUBONDO TAHUN 2023
Abstract
Persaingan yang ketat di dunia perbankan menjadikan bank berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabahnya baik secara kualitas dengan pelayanan yang terbaik kepada nasabahnya, baik secara kualitas dengan pelayanan yang berorientasi pada kepuasan nasabah maupun secara kuantitas dengan menambah produk yang dianggap akan memenuhi keinginan nasabah. Tujuan penelitian untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah pada Bank BPR Syariah Situbondo Tahun 2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini untuk menguji pengaruh variabel X1 (kualitas pelayanan) dan X2 (kualitas produk) terhadap Y (kepuasan nasabah). Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah dengan menggunakan random sampling, sampel yang di ambil hanya 100 orang dari nasabah Bank BPR Syariah Situbondo. Besar pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk ditunjukkan oleh nilai R Square sebesar 0,251. Hal ini menunjukkan bahwa presentase pengaruh variabel independent (kualitas pelayanan dan kualitas produk) di BPR Syariah terhadap kepuasan nasabah adalah sebesar 25,1% sedangkan sisanya sebesar 74,9% dipengaruhi oleh faktor – faktor yang lain. Berdasarkan tabel diperoleh nilai Fhitung= 12,932 dengan signifikansi uji F sebesar 0,000. Nilai Fhitung selanjutnya dibandingkan dengan nilai Ftabel. Ftabel = F (2,27,5%) = 2,33 Karena nilai Fhitung = 12,932 >3,35 maka tolak H0 sehingga model regresi yang dihasilkan sesuai.
References
Arikunto,Suharsimi.Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Eko Purwana, Agung.Perbankan Syariah Ponorogo: STAIN Po Press, 2009. Hasan, Ali.Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan Yogyakarta: CAPS, 2013.
Irawan, Handi. “Prinsip Kepuasan Pelanggan”,PT. Elex Media Komputindo Jakarta 2002.
Kasmir, “Pemasaran Bank. Edisi Revisi”, Kencana Jakarta 2008.
Kotler, P. dan G. Amstrong, “Prinsip-prinsipPemasaran”, Erlangga. Jakarta 2012.
Machfoedz,M. “Pengantar Pemasaran Modern.Cetakan Pertama”, Akademi Manajemen Perusahaan YKPN. Yogyakarta, 2005.
Kotler,P “ManajemenPemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol”,PT. Prenhallindo Jakarta 2001.
Kotler,Philip. Marketing Manajemen, Nuw Jersey: Pretice Hall. 2000.
Siregar,Syofian.Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkap idengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPPS, Jakarta: Kencana, 2013.
Stanislaus S. Uyanto, Pedoman Analisis Data dengan SPSS (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009), 227.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D, cetakan ke-16, Bandung:Alfabeta, 2012. Sujarweni, V. Wiratman.Metodelogi penelitian bisnis dan ekonomi, Yogyakarta pustaka baru Press: 2015
Sunyoto,Danang Praktik SPSS untuk Kasus dilengkapi Contoh Peneltian Bidang Ekonomi (Yogyakarta: Nuha Medika, 2011), 127.
Tjiptono, F. dan C. Gregorious, “Pemasaran Strategik Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif hingga e- Marketing” CV. Andi Offset Yogyakarta 2012.
Tjiptono, Fandy.ManajemenJasaYogyakarta: AndiOfset, 2012. Tony Wijaya dan Santi Budiman, Analisis Multivariat untuk Penelitian Manajemen (Yogyakarta: Percetakan Pohon Cahaya, 2016), 47.
Tri Basuki,Agus dan Nano Prawono, Analisis Regresi Jakarta: PT Raja Grafindo, 2017. Zainudin Ali, Hukum Perbankan Syariah. (Jakarta: SinarGrafika, 2008),