PENGARUH SUPERVISI PENGAWAS TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI I PANJI KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
Dalam mewujudkan tujuan pendidikan, guru berada pada ujung tombak, karena berhubungan langsung dengan siswa melalui fungsinya sebagai pendidik, pengajar dan pelatih. Optimalisasi fungsi guru bukan hanya menjadi tanggungfungsi lain yang memberikan perhatian, bimbingan, pengawasan, yaitu pengawas sekolah dan kepala sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh supervisi pengawas terhadap kinerja guru. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif adalah pendekatan penelitian yang cenderung menggunakan numerik atau angka dan rumus-rumus statistik. Berdasarkan dari hasil penelitian dan perhitungan membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara variabel supervisi pengawas terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Panji Kabupaten Situbondo dilihat dari pengujian uji persial (Uji-T), hasil nilai Thitung sebesar 3,232 dan nilai Ttabel sebesar 2,042 dengan nilai signifikansi 0,003. Dengan kriteria pengujian Thitung > Ttabel dan jika Signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X supervisi pengawas terhadap variabel Y (kinerja guru) di SMP Negeri 1 Panji. Selanjutnya berdasarkan uji koefisien determinasi ditemukan nilai R square sebesar 0,252 yang artinya pengaruh variabel X (supervisi pengawas) terhadap variabel Y (kinerja guru) sebesar 25,2%. Artinya pengaruh supervisi pengawas terhadap kinerja guru berada pada katagori rendah dari jumlah keseluruhan 100%.
References
Imam Ghozali, Aplikasi Analisi Multivariate dengan Program IBM SPSS 21, Semarang: Universitas Ponegoro, 2013.
Kopri, Manajemen Sekolah Orientasi Kemandirian Kepala Sekolah, Yogyakarta:
Pustaka Pelajar, 2015.
Majid Abdul, Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi
Guru), Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
Mudlofir Ali, Pendidik Profesional; Konsep, Strategi, dan Aplikasinya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2012.
Mulyasa, Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara,
2013
Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.
Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya, 2011
Ridwan, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula.
Bandung:Alfabeta,2013.
Rusman Nurhakim, Riset Evaluasi dalam Pendidikan, Ciputat:UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019.
Sagala Syaiful, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan
Sagala Syaiful, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung:Alfabeta, 2013.
Saputra Uhar, Administrasi Pendidikan, Bandung: Aditama, 2010.
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung:Alfabeta,
2017
Supardi, Kinerja Guru, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013
Susanto Ahmad, Konsep Strategi dan Implementas Manajemen Peningkatan Kinerja Guru, Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.Uno Hamzan B. dan Nina Lamatenggo, Tugas Guru dalam Pembelajaran,
Jakarta: Bumi Aksara, 2018
Wahab & Umiarso, Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Widiasworo Erwin, Cerdas Pengelolaan Kelas, Yogyakarta: DIVA Press, 2018.
Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah tinjauan teoritik dan permasalahannya, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2010.