MENINGKATKAN KONSEP PERKALIAN BILANGAN CACAH MELALUI MEDIA SEMPOA PADA TEMA HAK DAN KEWAJIBANKU SISWA KELAS 3 SDN 2 BULANGO UTARA

  • Susi Agustia Moputi Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Lia Nurhayati Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Yusraningsih Pongoliu Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan konsep perkalian bilangan cacah pada siswa kelas 3 tema hak & kewajibanku di SDN 2 Bulango Utara dengan menggunakan media sempoa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas 3 SDN 2 Bulango Utara yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan konsep perkalian bilangan cacah siswa pada siklus I secara klasikal mencapai 45 %, dan pada siklus II menjadi 90 %. Hal ini menunjukan bahwa hasil yang dicapai siswa telah melebihi indikator kerja yang telah dirumuskan yaitu  85 % siswa secara klasikal yang dikenai tindakan memperoleh hasil pemahaman  70 sesuai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunkan media sempoa pemahaman konsep perkalian bilangan cacah siswa kelas 3 meningkat. Berdasarkan penjelasan di atas, maka penulis merekomendasikan kepada guru untuk menggunakan media pembelajaran sempoa di kalangan siswa SD saat mengajarkan matematika terutama pada materi perkalian. Karena dengan menggunakan media sempoa siswa akan merasa tertarik dan lebih aktif untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

References

qib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV.Yrama Widya
Febrianto. 2018. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis melalui pengguna Media Kantong Bergambar pada materi pekalian bilangan di kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol.4,No 2.
Harmoni, Tim. 2009. Cepat dan Mudah Berhitung dengan Sempoa. Harmoni Tim: Bandung
Ristika, I. (2018, Agustus 15). Pengaruh penggunaan media sempoa terhadap hasil belajar marematika kelas 2 SD Inpres Kapasa Kecamatan Tamalanrea Kelurahan Kapasa Kota Makassar.http://digilibadmin. unismuh.ac.id
T, Caya. (2021, Agustus 22). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan menggunakan media pembelajaran sempoa pada materi operasi hitung siswa kelas 2 SD Inpres Pattalasang Kecamatan Parigi.: http://digilibadmin.unismuh.ac.id
Wijayanti, S. Suswandari,M . (2022). Dampak penggunaan media sempoa dalam pembelajaran matematika kelas rendah di sekolah dasar. Mathema Journal, 58-66.
Yulianti, S. (2022, agustus 25). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa berdasarkan teori action, proces, object, scheme (Apos) pada kelas VIII SMP Negeri 18 Makassar.: http://digilibadmin.unismuh.ac.id
Published
2023-12-29
How to Cite
AGUSTIA MOPUTI, Susi; NURHAYATI, Lia; PONGOLIU, Yusraningsih. MENINGKATKAN KONSEP PERKALIAN BILANGAN CACAH MELALUI MEDIA SEMPOA PADA TEMA HAK DAN KEWAJIBANKU SISWA KELAS 3 SDN 2 BULANGO UTARA. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 321-329, dec. 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/4039>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v14i2.4039.